Breaking News:

Idul Adha

Masjid Cut Meutia Gelar Shalat Idul Adha, Berikut Ini Hal yang Harus Diperhatikan Jamaah

Pengurus Masjid Cut Meutia, Syarifudin mengatakan jika pihaknya telah melakukan persiapan menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha.

Istimewa
Masjid Cut Meutia 

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat akan melaksanakan salat idul adha 1441 hijriah pada Jumat (31/7) mendatang. Sejumlah protokol kesehatan pun diterapkan bagi para jamaah yang akan datang.

Pengurus Masjid Cut Meutia, Syarifudin mengatakan jika pihaknya telah melakukan persiapan menjelang pelaksanaan salat idul adha dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid Cut Meutia.

"Untuk salat Idul Adha kami dari Masjid Cut Meutia akan melaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan," kata Syarifudin, Rabu (29/7/2020).

Pelaku Penyebaran Video Hoaks Seragam Tentara Cina di Kelapa Gading Ditangkap

Pandemi Covid-19, Masjid Raya Al Azhom Tangerang Tiadakan Pemotongan Hewan Kurban Tahun Ini

Dikatakan Syarifudin, protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat idul adha nanti, tidak berbeda jauh dengan pelaksanaan salat Jumat berjamaah. Dimana jamaah yang datang tentu di wajibkan mengunakan masker.

"Kalo kami tentu sudah siap. Karena kesiapan protokol kesehatan pun sudah dilakukan sama halnya dengan pelaksanaan salat Jumat berjamaah," katanya.

Sementara itu, Panitia Idul Adha Masjid Cut Meutia, Hendra mengatakan jika pelaksanaan salat idul adha di Masjid Cut Meutia tetap akan mengedepankan protokol kesehatan sesuai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Dimana setia warga yang datang untuk melaksanakan salat idul adha di Masjid Cut Meutia akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas di pintu masuk Masjid.

Pemeriksaan meliputi pengukuran suhu tubuh warga dengan mengunakan alat thermogan, lalu jamaah yang datang juga diminta untuk mencuci tangan di lokasi yang telah disediakan atau pemberian hand sanitizer.

"Dan yang paling penting itu jemaah wajib mengenakan masker saat memasuki lingkungan masjid," kata Hendra.

Pria di Bintaro Ditemukan Tewas di Dalam Mobil Avanza Putih

VIDEO: Koalisi Tertata Adil Sejahtera Mantap Mengusung Mohammad Idris di Pilkada Depok 2020

Selain itu untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, pihak Pengelola Masjid Cut Meutia juga tidak menyediakan alas karpet Masjid, sehingga dirinya menghimbau kepada jamaah untuk membawa sajadah ataupun alas untuk salat.

Tak hanya itu, Masjid Cut Meutia juga menerapkan protokol kesehatan mengenai jarak antar jamaah lain. Nantinya setiap jarak antar warga akan di atur sesuai saat pelaksanaan salat Jumat berjamaah.

"Itu juga kita atur jarak antar jamaah. Jadi 1 meter ke samping dan belakang. Itu sudah kami tandai. Jadi kita sesuaikan dengan perokok kesehatan," ucapnya. 

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved