Breaking News:

Virus Corona

Pedagang di Pasar Jongkok Jalani Tes Swab, Petugas Juga Sasar Penjual Hewan Kurban

Ada 16 personel yang dikerahkan yakni tiga orang dokter, tiga orang tenaga laboratorium dan 10 tenaga kesehatan

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pedagang hewan kurban menjalani swab test di Kelurahan Semper Timur. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah pedagang Pasar Jongkok dan penjual hewan kurban mengikuti swab test yang digelar di halaman Kantor Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (28/7/2020).

Lurah Semper Timur, Cahyo Hudoyo, mengatakan, kegiatan swab test tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kelurahan Semper Timur dengan Puskesmas Kecamatan Cilincing. “Adanya kegiatan ini diharapkan pedagang dan juga masyarakat aman terbebas dari pandemi Covid-19,” ungkap Cahyo, Selasa (28/7/2020).

Menurut Cahyo, para pedagang Pasar Jongkok yang mengikuti swab test adalah mereka yang berjualan di Jalan Kebantenan IV. Sementara itu para pedagang hewan kurban yang juga menjalani kegiatan swab test yakni mereka berjualan di Kelurahan Semper Timur.

Terinspirasi dari Kajian Islami, Personil Nasyid Snada Rilis Single Baru Berjudul Sudut Sorga

Senangnya Via Vallen Bisa Duet Bareng Rhoma Irama

“Sehari sebelum kegiatan, kita sudah kirimkan undangan buat para pedagang Pasar Jongkok dan penjual hewan kurban,” ungkap Cahyo. Ini merupakan antisipasi untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat ditengah pandemi Covid-19. H

“Sementara, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Edison Syahputra, mengatakan, ada 16 personel yang dikerahkan yakni tiga orang dokter, tiga orang tenaga laboratorium dan 10 tenaga kesehatan.

“Pedagang yang ikut swab test ada 91 orang,” ucap Edison. Edison menambahkan apa yang dilakukan kali ini oleh pihaknya merupakan bagian dari upaya untuk melakukan Active Case Finding (ACF) seperti pada sektor penggerak ekonomi.

“Selain itu juga orang-orang yang berhubungan dengan pelayanan seperti PTSP, petugas kelurahan ataupun PPSU,” ungkap Edison.

Sembuh

Sementara, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, YUdi Dimyati, mengatakan, 23 pegawai Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara telah dinyatakan sembuh.

VIDEO: Bacok Buruh Hingga Tewas Gara-gara Knalpot, Empat Pemuda di Cilincing Ditangkap

Wujudkan Pemilu 2020 Bebas Narkotika, BNN Jalin Kerjasama dengan Bawaslu RI

“Mereka telah selesai menjalani masa isolasi dan dapat beraktivitas kembali di kantor,” ungkap Yudi, Selasa (28/7/2020). Yudi menambahkan pegawai Suku Dinas KPKP Jakarta Utara rentan terpapar Covid-19 karena banyak berinteraksi dengan masyarakat luas.

“Sehingga seluruh pegawainya memang berisiko tinggi kontak dengan banyak orang,” ujar Yudi.
Yudi meminta agar para pegawai khususnya pegawai Suku Dinas KPKP Jakarta Utara menerapkan protokol kesehatan berupa gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan sabun). 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved