Breaking News:

Timnas

TC Timnas Indonesia Dilakukan Dengan Protokol Kesehatan Ketat, Begini Detailnya

Tak tanggung-tanggung protokol tersebut diterapkan dari Hotel Fairmont tempat mereka menginap hingga Stadion Madya.

Warta Kota/Umar Widodo
Timnas senior saat berlatih perdana bersama Shin Tae-yong bulan Februari 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Para pemain Timnas Indonesia senior dan Timnas U-19 sudah berada di Jakarta. Hari ini pun mereka menjalani swab test guna memastikan kondisi mereka dari Covid-19.

Pemusatan latihan (TC) akan mulai dilakukan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada esok hari hingga 8 Agustus mendatang.

Namun, TC kali ini harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang amat ketat lantaran bergulir di tengah pandemi Covid-19.

Tak tanggung-tanggung protokol tersebut diterapkan dari Hotel Fairmont tempat mereka menginap hingga Stadion Madya.

Dokter Timnas Indonesia Beberkan Instruksi Shin Tae-yong untuk Jaga Kondisi Pemain

Bahkan asupan gizi pun juga dapat pantauan ekstra.

“Protokol covid rapid per pekan. Biasanya kan 14 hari, tapi tidak mau ambil risiko dengan rapid test pert 7 hari rapid semua. Yang lebih ekstrem setiap jadwal makan juga sudah bagi tim untuk termo gun, hand sanitizer semua pengecekan. tiga kali makan sehari, tiga kali pengecekan,” kata Doter Timnas Indonesia senior, Ahmad Nizar, Jumat (24/7/2020).

“Di lapangan saat turun (bus) harus hand sanitizer, bahkan minum di luar harus hand sanitizer. Kami ada tim untuk sterilisasi area sebelum ke lapangan, lapangan sudah steril desinfektan mulai dari kendaraan ruang ganti dan area sekitar lapangan,"

Ini Pandangan Andy Setyo Terhadap Pelatih Timnas Senior Indonesia, Shin Tae-yong

“Setelah itu setelah pemain masuk lapangan, Tim sterilisasi sudah kembali ke hotel. Jadi pemain latihan, di hotel pun semua ruangan pemain disterilisasi,” jelasnya.

Penerapan protokol ketat di TC Timnas pun diharapkan bisa jadi panduan klub-klub yang akan menjalani lanjutan Liga 1 2020 pada Oktober mendatang.

“Kami bikin lebih ketat karena ini menjadi contoh buat kompetisi. Timnas menjadi contoh bagaimana model kedepannya,” kata Ahmad Nizar.

Mulai Berkumpul, Pemain Timnas Langsung Jalani Pemeriksaan Covid-19

Bagi Timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020).

Selain itu untuk menghadapi Piala AFF pada bulan November-Desember mendatang. Timnas Indonesia terakhir melakukan TC pada bulan Februari lalu di Jakarta.

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan.

Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Dan tahun 2021, skuat Garuda Muda ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Murtopo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved