Breaking News:

Musik

Banyak Event Musik Terbaik di Indonesia, Kemenparekraf Usul Pembentukan Asosiasi Promotor Musik

Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) disarankan dibentuk sebagai forum komunikasi untuk membicarakan berbagai isu yang muncul di industri musik.

Dokumentasi Rajawali Indonesia
Yanni, komposer dunia asal Yunani, menggelar konser perdananya didepan Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (6/7/2019) malam, di panggung Prambanan Jazz Festival 2019 garapan promotor musik Rajawali Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong promotor musik lokal membentuk asosiasi.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) disarankan dibentuk sebagai forum komunikasi untuk membicarakan berbagai isu yang muncul di industri musik.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani mengatakan, keberadaan asosiasi dapat membantu memberi masukan pemerintah.

Megadeth ketika tampil di panggung JogjaROCKarta 2 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, pada 27 November 2018.
Megadeth ketika tampil di panggung JogjaROCKarta 2 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, pada 27 November 2018. (Dokumentasi Rajawali Indonesia)

Masukan itu terkait pengembangan even musik di Indonesia.

"Perlu ada forum atau asosiasi even untuk membantu pemerintah dalam mengkurasi event-event terbaik di Tanah Air," kata Rizki Handayani, Rabu (22/7/2020).

Sejalan tugas dan fungsi bidang Event Kemenparekraf, lanjutnya, asosiasi diharapkan dapat mendukung event daerah, membesarkan event nasional, serta membawa event internasional ke Indonesia.

Pemerintah Dorong Promotor Musik Bentuk Asosiasi, Tommy Pratama: Demi Kemajuan Industri Kreatif

Siapa Bilang Coldplay atau U2 Tidak Mau Manggung di Indonesia, Begini Penjelasan Promotor Dino Hamid

"DNA Indonesia adalah kreatif," kata Rizki Handayani.

Lewat asosiasi itu, kerjasama pemerintah dan industri dapat terjalin intensif mengenai pengembangan event musik yang diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara.

"Para promotor senior yang tergabung di FAPI bisa menjadi advisor atau pembina Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI). Para promotor senior dilibatkan langsung juga di APMI," katanya.

Klaus Meine bersama Scorpions menghentak panggung megah JogjaROCKarta Festival 2020 yang berlangsung di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (1/3/2020) malam.
Klaus Meine bersama Scorpions menghentak panggung megah JogjaROCKarta Festival 2020 yang berlangsung di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (1/3/2020) malam. (Dokumentasi Rajawali Indonesia)

Terkait usulan pembetukan Asosiasi Promotor Musik Indonesia tersebut, apa pembedanya dengan Forum Asosiasi Promotor Indonesia (FAPI) yang telah terbentuk?

Menurut Tommy Pratama, pemilik Original Production, FAPI memiliki cakupan lebih luas, termasuk lintas generasi promotor dan lintas bidang industri promotor lainnya di Indonesia.

"Kehadiran APMI bukan sebagai asosiasi tandingan FAPI. Inshaa Allah saling support dan melengkapi demi kemajuan industri kreatif promotor dan pariwisata Indonesia," jelas Tommy Pratama.

Didi Kempot Meninggal Dunia, Promotor Tetap Gelar Konser Ambyar Tak Jogeti

Sering Datangkan Artis Dunia, Marwan Jafar: Promotor Rajawali Indonesia Seharusnya Diberi Awards

Bongky Marcel, mantan pemain bass Slank yang saat ini tergabung di BIP, menyatakan, saatnya ada lembaga atau asosiasi yang menaungi para promotor di Indonesia.

"Asosiasi ini dibentuk biar para promotor bisa lebih kreatif lagi," ujar Bongky Marcel.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved