Breaking News:

Wisata

Pulau Lancang Kini Punya Destinasi Wisata Baru, Perpaduan Pantai, Karang, dan Hutan Bakau

Wisata ini merupakan perpaduan antara pantai, karang, dan hutan mangrove yang sebelumnya digunakan oleh wisatawan untuk memancing.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Administrasn Kepulauan Seribu meresmikan Taman Wisata Terpadu Pantai Karang Mangrove Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Rabu (22/7/2020).

Di sela-sela peresmian itu Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan bahwa destinasi wisata baru itu adalah hasil kreasi dari unsur masyarakat yang berada di Pulau Lancang dan unsur kelurahan. "Kedepan ini menjadi tujuan wisata yang menawarkan keindahan dan keasrian," kata Husein, Rabu (22/7/2020).

Husein menambahkan destinasi wisata baru itu diharapkan mengubah Pulau Lancang jadi semakin indah dan asri seperti pulau-pulau permukiman lainnya untuk para wisatawan.

Atalarik Syach Bantah Persulit Tsania Marwa Bertemu dengan Anaknya

VIDEO: H-9 Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Tangsel Keluhkan Penjualan Merosot

Apalagi destinasi wisata kali ini merupakan perpaduan antara pantai, karang, dan hutan mangrove yang sebelumnya digunakan oleh wisatawan untuk memancing. "Adanya lokasi wisata ini juga diharapkan bisa meningkatkan kunjungan dan ekonomi warga," sambung Husein.

Sementara itu, Lurah Pulau Pari, Mahtum, mengatakan bahwa lokasi wisata tersebut dibangun sejak awal tahun 2020 dan diharapkan juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. "Ini dikerjakan bersama oleh warga selama lima bulan tepatnya sejak bulan Februari 2020," ujarnya.

Adanya Taman Wisata Terpadu Pantai Karang Mangrove diharapkan mampu dipadukan dengan hasil laut khas Pulau Lancang seperti cumi, rajungan, dan produksi ikan asin sebagai kuliner. "Semoga destinasi wisata ini bisa meningkatkan ekonomi warga nantinya," tuturnya.

Di Bali Pasien Positif Corona Disembuhkan Menggunakan Arak, Ini Penjelasannya

Sutradara Akui Film Serial Kalis, Vulgar Dalam Gambar dan Bahasa

Selain itu Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu juga kembali membuka destinasi wisata Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Rabu (22/7/2020).

Sebelumnya, lokasi wisata di Pulau Tidung ditutup sementara untuk umum sejak Minggu (19/7/2020) seiring adanya temuan kasus positif Covid-19.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, mengatakan pembukaan lokasi wisata tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan adanya pembatasan jumlah pengunjung. "Jika biasanya kapasitas 100 persen kini menjadi 50 persen mulai dari transportasi maupun akomodasinya selama PSBB Transisi," ungkap Junaedi, Rabu (22/7/2020).

Junaedi menambahkan para wisatawan juga tetap harus menjalankan protokol kesehatan selama menikmati liburan di Pulau Tidung sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. "Wisatawan yang datang ke Pulau Tidung wajib menjalankan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)," ujar Junaedi.

Sutradara Akui Film Serial Kalis, Vulgar Dalam Gambar dan Bahasa

Curigai Aktivitas Bongkar Muat Sejumlah Koper di Rumah Kontrakan, Polisi Temukan Ribuan Upal Dolar

Lurah Pulau Tidung, Hafsah mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dibuka kembali lokasi wisata di Pulau Tidung. Wisatawan juga harus mengikuti imbauan dari agen travel. "Pihak travel harus ikut memberi edukasi wisatawan dengan menjalankan protokol kesehatan," ungkap Hafsah.

Upaya pengetatan juga dilakukan di pintu masuk Kepulauan Seribu seperti Pelabuhan Kaliadem, Marina Ancol, Rawasaban, maupun Tanjung Pasir untuk pencegah Covid-19 masuk Pulau Tidung. "Ini sebagai upaya agar tidak ada lagi penamahan kasus positif COVID-19 di Pulau Tidung," ujar Hafsah.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved