Breaking News:

Virus Corona

Kecamatan Sawah Besar Menargetkan Seluruh Pedagang di Lokasi Binaan Jalani Swab Test

Langkah ini dilakukan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di warga binaan UMK. Apalagi saat ini pasar banyak ditemukan pedagang positif virus corona

Warta Kota/Joko Supriyanto
Pedagang binaan JP 31 Sawah Besar Jakarta Pusat menjalani swab test massal yang dilakukan pihak Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Rabu (22/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jajaran Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat menargetkan seluruh pedagang lokasi binaan (lokbin) di 11 JP Binaan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Keci Menengah Jakarta Pusat menjalani swab test.

Langkah ini dilakukan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pedagang binaan UMK. Apalagi saat ini pasar tradisional banyak ditemukan pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test. “Jadi, ada beberapa segmen yang kita terus lakukan swab. Itu di kampung kampung, RW, warga, maupun pasar-pasar. Nah sekarang sasarannya ke JP (lokbin),” kata Camat Sawah Besar, Prasetyo, Rabu (22/7/2020).

Prasetyo mencontohkan seperti yang dilakukan di JP 23 Kelurahan Gunung Sahari Utara, dimana ada 80 pedagang ikan hias yang dilakukan swab test pada Rabu (22/7). Menurut Prasetyo, pemeriksaan swab test ini akan dilakukan secara bertahap ke warga binaan UKM lainnya.

Tanggapan Tiara Idol ketika Dianggap Hanya Jual Tampang

Pengendara Motor Cemas Kerusakan Jalan I Gusti Ngurah Rai Arah Bekasi ke Jakarta Makin Parah Saja!

Menurut Prasetyo saat ini di Kecamatan Sawah Besar, sudah ada tiga JP binaan yang sudah menjalani test covid-19 ini dari 11 JP yang ada. Adapun dua JP itu diantarnya JP 50 sama JP 51. Dilakukannya Active Case Finding atau menemukan kasus baru dengan langkah swab test ini memiliki berdampak positif, sebab tiga zona merah yang ada di Sawah Besar kini sudah menjadi zona kuning, bahkan di antarnya sudah hijau.

“Tadinya ada tiga zona merah. Dulu di RW 10 Mangga Dua Selatan, RW 03 kartini, dan RW 08 Karang Anyar tapi sekarag sudah tidak merah lagi. Sudah kuning dan hujau,” ucapnya.

VIDEO: H-9 Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Tangsel Keluhkan Penjualan Merosot

Warga Depok yang Tidak Gunakan Masker Akan Ditilang Denda Mulai Besok

Sementara, jajaran Kelurahan Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur juga melaksanakan swab test dengan sasaran para petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

Lurah Pisangan Baru Tuti Sugihastuti menjelaskan tugas PPSU di wilayahnya yang sering berinterasksi dengan warga sekitar menyebabkan dirinya bersimpati untuk mengikutsertakan PPSU dalam kegiatan tes swab.
“PPSU juga kami swab karena mereka tugasnya di wilayah juga, ada kontak dengan warga dan lainnya, ini sebagai langkah antisipasi saja untuk memutus mata rantai penyebaran,” kata Tuti, Rabu (22/7/2020).

Sebanyak 48 orang PPSU mengikuti tes swab di RT 11/08 Pisangan Baru. Apabila nantinya terdapat petugas yang diidentifikasi positif Covid-19, pihaknya akan merujuk petugas tersebut ke rumah sakit darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. “Seandainya ada yang reaktif langsung kami ambil langkah untuk karantina,” ujarnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved