Breaking News:

Idul Adha

Kecamatan Ciracas Seleksi Lokasi Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha

Camat Ciracas Mamad mengatakan, lokasi yang diperbolehkan menjadi tempat pemotongan hewan kurban tak boleh di zona merah virus corona.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Pemantauan kesehatan hewan kurban oleh Sudin KPKP Jakarta Timur, Senin (20/7/2020). Sudin KPKP Jakarta Timur menyarankan warga untuk membeli hewan kurban melalui daring atau online sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIRACAS - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Ciracas akan menyeleksi lokasi pemotongan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Camat Ciracas Mamad mengatakan, lokasi yang diperbolehkan menjadi tempat pemotongan hewan kurban  tak boleh di zona merah virus corona.

"Panitia pemotongan hewan kurban mengajukan lokasi. Nanti dilihat ada kasus aktif (Covid-19) atau tidak di situ," kata Mamad saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Rabu (22/7/2020).

Pemetaan zona merah lokasi pemotongan meliputi wilayah satu RW sesuai ketentuan pengendalian ketat berskala lokal (PKBL).

Tidak Ada Pemotongan Hewan Kurban di Wilayah Pengendalian Ketat Berskala Lokal di Jakarta Utara

Masjid Islamic Centre Berkolaborasi dengan Yayasan Rumah Zakat Dalam Menyalurkan Hewan Kurban

Pemetaan lokasi pemotongan hewan kurban mengacu penyelidikan epidemiologi virus corona yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Ciracas.

"Sekarang masih proses identifikasi lokasi pemotongan di RW mana yang masuk zona merah. Kita lagi monitor ke wilayah dengan mengacu data puskesmas," ujarnya.

Mamad menuturkan, larangan pemotongan hewan kurban di zona merah berdasar Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 43 tahun 2020.

Instruksi gubernur itu mengatur bahwa jumlah orang yang hadir dalam pemotongan dibatasi dan hanya panitia pemotongan hewan kurban.

Tujuannya, untuk mencegah kerumunan warga yang memicu penularan Covid-19 meluas karena DKI Jakarta belum terbebas dari virus.

Selain itu, pemotongan hewan kurban dilaksanakan mengikuti ketentuan syariat Islam dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ustaz Adi Hidayat: Alasan Tidak Boleh Potong Kuku dan Rambut Sebelum Hewan Kurban Disembelih

Pemkot Bekasi Bentuk Tim Gabungan untuk Awasi Hewan Kurban dan Salat Idul Adha

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved