Breaking News:

Idul Adha

Pemkot Bekasi Sebar Tim Pengawasan Pemotongan Hewan Kurban di Tempat Potong dan Masjid

Pemkot Bekasi dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Bekasi bakal menyebar petugas ke lokasi pemotongan hewan kurban maupun masjid.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi: Pedagang hewan kurban, memberi makan sapi usai diperiksa kesehatannya di Kawasan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (10/7/2020). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Muhammad Azzam

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Bekasi bakal menyebar petugas ke lokasi pemotongan hewan kurban maupun masjid.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner, pada Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Belasi Drh Sariyanti, mengatakan petugas disebar ke lokasi pemotongan untuk mengawasi proses pemotongan hewan kurban agar sesuai standar kesehatan.

"Kita sebar tim nanti ada pemeriksaan pemotongan. Itu mulai 31 Juli sampai 3 Agustus 2020," katanya di Bekasi, pada Selasa (21/7/2020).

Ia mengungkapkan dikerahkannya petugas ke lokasi pemotongan dikarenakan pemeriksaan bukan hanya pada fisik ketika hidup, tapi juga pada saat dipotong.

"Kan biasanya dia di organ-organ tubuhnya itu ada gejala-gejala penyakit. Nah itu biasanya temen-teman kita memeriksanya ada penyakit atau tidak, ada kelainan atau tidak hingga layak konsumsi atau tidak," beber dia.

Sariyanti menambahkan pihaknya juga akan melakukan sosialisasi melalui webinar untuk pemilihan hewan kurban yang baik, proses pemotongan dan penanganan daging kurban.

"Ini kita undang pemilik lapak, masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh agama agar menjadi perhatian betul," imbuh dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi gencar melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah lapak penjualan.

Pemeriksaan ini telah dimulai sejak 13 Juli hingga 30 Juli 2020 nanti.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved