Breaking News:

Idul Adha

Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan 10.719 Hewan Kurban untuk Idul Adha

Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari mengatakan, hingga saat ini sebanyak 10.719 hewan kurban yang diperiksa Sudin KPKP.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari (kanan) saat melakukan pemeriksaan hewan kurban di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (20/7/2020). 

 WARTAKOTALIVE.COM, DUREN SAWIT- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari mengatakan, hingga saat ini sebanyak 10.719 hewan kurban yang diperiksa Sudin KPKP.

Jumlah tersebut akumulasi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan 13-17 Juli 2020.

"Ini akumulasi dari 136 tempat penampungan di 10 Kecamatan. Sampai sekarang belum kita temukan hewan yang sakit," kata Yuli di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (20/7/2020).

Petugas Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Pastikan 402 Ekor Hewan Kurban Sehat

Hewan Kurban di Jakarta Pusat Aman dan Memenuhi Syarat Agama, Umumnya Sudah Dipesan Konsumen

Rincian hewan kurban yang kesehatannya sudah diperiksa yakni 5.150  sapi, 203 kerbau, 4.186 kambing, dan 1.180 domba.

Jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring meningkatnya pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan jelang Idul Adha 1441 Hijriah.

"Nanti sebelum pemotongan hewan kurban juga kita lakukan pemeriksaan kembali. Pemeriksaan antemortem di lokasi pemotongan hewan," ujarnya.

Yuli menuturkan, warga dapat memastikan kesehatan hewan kurban di tempat penampungan dari stiker yang ditempel Sudin KPKP.

Sapi Hitam Bobot 1 Ton yang Ditaksir Jokowi di Lapak Hewan Kurban di Tangerang Belum Deal Harganya

Pesan DLHK Kota Depok Jangan Buang Sampah Limbah Hewan Kurban Sembarang, Begini Tata Caranya

Sedangkan hewan kurban yang sakit, pihaknya telah memberika tanda silang bewarna merah agar mempermudah warga.

"Kita imbau warga agar membeli hewan kurban di tempat penampungan yang sudah diperiksa kesehatan oleh Sudin KPKP Jakarta Timur," tuturnya.

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan hasil pemeriksaan sementara memuaskan.

Pihaknya hanya mendapati hewan yang terluka namun layak dikurbankan karena masih bisa diobati dan sembuh sebelum hari pemotongan.

"Lukanya enggak terlalu parah dan masih sebelum hari pemotongan, tadi sudah kita obati. Kita beri vitamin juga agar hewannya sehat," kata Irma. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved