Breaking News:

Kesehatan

Penderita Diabetes di Indonesia Diprediksi 21,3 Juta Orang di Tahun 2030, Cegah dengan Stem Cell

Banyak resiko komplikasi yang dapat terjadi pada penderita DM, terutama dengan gula darah dan HbA1C yang tidak terkontrol dengan baik.

Medical News Today
Ilustrasi penyakit diabetes dipicu dari gaya hidup seperti pola makan yang mengandung gula tinggi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Diabetes melitus atau DM, merupakan penyakit metabolik  dengan karakteristik kadar gula darah tinggi yang diakibatkan oleh gangguan sekresi insulin atau terjadinya resistensi insulin.

Berbagai penelitian epidemiologi menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan angka insidensi dan prevalensi DM di berbagai penjuru dunia.

Menurut World Health Organization (WHO), pada tahun 2015, sekitar 900 juta orang di dunia menderita DM (12% dari populasi) dan pada tahun 2050 jumlah ini diperkirakan akan meningkat hingga mencapai 22%.

Di Indonesia sendiri diperkirakan jumlah penderita DM adalah 8,4 juta orang di tahun 2000, yang akan meningkat menjadi 21,3 juta orang di tahun 2030.

Pada wanita, prevalensi DM didapatkan lebih tinggi (21-32%) dibandingkan pria.

Banyak resiko komplikasi yang dapat terjadi pada penderita DM, terutama dengan gula darah dan HbA1C yang tidak terkontrol dengan baik.

Hindari Kerumunan, Jusuf Kalla Imbau Pembagian Daging Kurban Diantar Langsung ke Rumah

Pelajar SMK Nekat Gowes 192 Kilometer Karena Ingin Ketemu Gubernur Ganjar

Dr. Anastasia Maria Loho, SpS, dokter spesialis saraf di Klinik Hayandra menjelaskan, komplikasi pada DM ini terbagi menjadi menjadi 2 yaitu komplikasi makrovaskular dan mikrovaskular.

Komplikasi makrovaskular meliputi, penyakit serebrovaskular (stroke), jantung, dan gangguan pembuluh darah perifer (peripheral artery disease).

Sedangkan komplikasi  mikrovaskular dapat berupa gangguan saraf tepi (neuropati), gangguan ginjal (nefropati) ataupun gangguan pada mata (retinopati).

Komplikasi ini dapat terjadi multipel dan berujung pada disabilitas ringan hingga berat, bahkan kematian.      

Halaman
123
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved