Breaking News:

Berita Internasional

Pemerintah Jepang Beri Subsidi Perusahaan Swastanya untuk Keluar dari China

Langkah Jepang tersebut tak lepas dari kondisi hubungan Amerika Serikat dengan China yang memburuk, dan perang dagang antara kedua negara

Penulis: | Editor: Bambang Putranto
scmp.com
Sebuah pabrik garmen Jepang yang berproduksi di China 

Wartakotalive, Jakarta - Pemerintah Jepang menyiapkan dana 57,4 miliar yen atau sekitar Rp 7,7 trilun untuk memberi subsidi bagi relokasi perusahaan Jepang di China ke dalam negeri Jepang atau ke lokasi lain di negara Asia Tenggara.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI), yang dikutip scmp.com, Senin, 20 Juli 2020, mengabarkan bahwa dana tersebut akan diberikan kepada 57 perusahaan, di antaranya pembuat masker wajah Iris Ohyama dan Sharp.

Dana tersebut digunakan untuk memindahkan fasilitas produksi mereka dari China ke Jepang.

Selain itu, ada 30 perusahaan lain akan menerima uang untuk investasi di Vietnam, Myanmar, Thailand, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tidak disebutkan berapa dana subsidi yang akan diberikan kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

Meski pernyataan METI tidak secara eksplisit menyatakan uang itu untuk memindahkan produksi keluar dari China, tapi Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan pada bulan Maret lalu bahwa Jepang perlu membawa pulang produksi atau mendiversifikasi produknya ke Asean untuk mengurangi ketergantungan pada satu negara seperti China.

Pemerintah akan membayar total 70 miliar yen (sekitar Rp 9,4 triliun) pada tahap awal, lapor surat kabar Nikkei.

Pembayaran tersebut berasal dari anggaran 243,5 miliar yen yang dialokasikan pemerintah pada April lalu untuk mengurangi ketergantungan pada rantai pasokan dari China.

Anggaran itu bertujuan membantu perusahaan memindahkan pabrik kembali ke rumah atau ke negara lain.

Langkah Jepang tersebut tak lepas dari kondisi hubungan Amerika Serikat dengan China yang memburuk, dan perang dagang antara kedua negara.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved