Breaking News:

Berita Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ariza Targetkan Revitalisasi Kota Tua Jadi Pariwisata Kelas Dunia

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menargetkan revitalisasi Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, menjadi tempat pariwisata kelas dunia.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas Unit Pengelola Kawasan (UPK) menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh penjuru Kawasan Wisata Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa (2/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TAMANSARI - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menargetkan revitalisasi Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, menjadi tempat pariwisata kelas dunia.

Revitalisasi Kota Tua itu dilakukan melalui sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ).

“Kami ada program untuk melakukan revitalisasi Museum Seni Rupa, Museum Keramik, Museum Bahari, Museum Wayang. Proyek ini akan jadi rancang bangun dari Kota Tua,” katanya seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (18/7/2020).

Pria yang akrab disapa Ariza itu yakin bahwa revitalisasi museum ini akan menjadikan Kawasan Kota Tua menjadi pariwisata kelas dunia.

Parkir On The Street di Kota Tua Dihapuskan, Ini 3 Lahan Parkir Resmi

Menjajal Bus Transjakarta Gratis di Kota Tua di Tengah Pandemi, Masih Sepi dan Leluasa

Alasannya, revitalisasi Kota Tua ditopang kekuatan bisnis, riset, pendidikan, dan seni-budaya dari tangan anak negeri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

“Saya kira, kita butuh kerja sama semua pihak terutama masyarakat dan dunia usaha. Terutama kepada Yayasan Mitra Museum Jakarta, mudah-mudahan kerjasama ini menjadi sinergi yang baik,” ujarnya.

“Kami ingin memastikan bahwa kita memiliki sejarah peradaban yang baik yang harus dijaga, dilestarikan, dan dipublikasikan ke dunia bahwa kita bangsa yang berbudaya," katanya.

"Sehingga ke depan tidak hanya kita tularkan ke anak-anak tentang sejarah, tapi juga kepada dunia,” katanya.

VIDEO: Mencoba Bus Transjakarta Gratis di Kota Tua, Masih Sepi dan Lega

Dapat Info Kota Tua Sudah Buka, Ternyata Masih Banyak Fasilitas yang Ditutup, Bikin Kecewa Umar Dkk

Kawasan Wisata Kota Tua mengalami revitalisasi terakhir pada tahun 2018.

Saat kali terakhir revitalisasi Kota Tua di Koridor Kali Besar Tahap I yang dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Revitalisasi tersebut memiliki skema Public Private Partnership (PPP) atau kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha serta melibatkan komunitas.

YMMJ juga ingin memperbaiki pengelolaan museum-museum di Indonesia.

Yayasan itu memiliki harapan bahwa museum-museum di Indonesia dapat menjadi sarana edukatif dan tempat rekreasi yang memberikan pengalaman positif bagi para pengunjungnya kelak.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved