Breaking News:

Advertorial

Teknik Minimal Invasif TLIF, Alternatif Aman Atasi Nyeri Punggung Karena Tulang Keropos

Rumah Sakit EMC Tangerang melayani tindakan MIS TLIF yang ditangani dokter spesialis ortopedi dan traumatologi konsultan tulang belakang.

Dok. RS EMC Tangerang
Rumah Sakit EMC Tangerang melayani tindakan MIS TLIF yang ditangani dokter spesialis ortopedi dan traumatologi konsultan tulang belakang dan dilengkapi peralatan yang canggih dan modern. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG — Sakit tulang belakang bisa sangat mengganggu siapa pun.

Biasanya jika mengalami sakit tulang belakang, Anda mengalami salah satu atau beberapa dari kondisi seperti kekakuan yang umum pada pinggang terutama saat bangun tidur; sakit di pinggang bawah; nyeri punggung disertai kesemutan; lemas atau mati rasa pada punggung belakang, bokong, selangkangan, kaki atau telapak kaki.

Jika sudah berupaya mengobati dengan berbagai cara, namun keluhan tersebut belum hilang, maka bisa saja tulang belakang Anda dalam kondisi degeneratif.

Kondisi tulang belakang degeneratif adalah keausan dan keusangan yang terjadi secara bertahap pada cakram (disc), persendian dan tulang belakang yang umumnya terjadi pada Anda yang memiliki gaya hidup sering melakukan aktivitas angkat beban, membungkuk, memutar atau duduk; merokok dan jarang sekali berolah raga; serta lanjut usia.

Dr. Harmantya Mahadhipta., Sp.OT (K) Spine, Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Konsultan Tulang Belakang RS. EMC Tangerang mengatakan bahwa kondisi tulang belakang degeneratif lambat laun dapat menekan urat dan saraf tulang belakang, sehingga menyebabkan kondisi tersebut di atas.

“Dan bila keluhan tersebut terus terjadi dan sangat mengganggu aktivitas, operasi adalah tindakan yang disarankan,” ungkap Dr. Harmantya Mahadhipta dalam pernyataan resminya, Sabtu (18/2/2020).

RS EMC Tangerang.
RS EMC Tangerang. (Dok. RS EMC Tangerang)

Teknik Operasi

Dr. Harmantya menjelaskan bahwa operasi dapat dilakukan dengan dengan teknik Transforaminal Lumbar Interbody Fusion (TLIF) Konvensional atau Minimal Invasif Transforaminal Lumbar Interbody Fusion (MIS TLIF)

“TLIF adalah pendekatan kontemporer untuk operasi fusi tulang belakang. Ini adalah operasi yang dilakukan di punggung bawah untuk mengeluarkan diskus intervertebralis dan menggabungkan dua atau lebih tulang belakang (vertebra) bersama-sama menggunakan screw dan cage,” terangnya.

TLIF dilakukan dengan teknik "terbuka", yang mengharuskan membuat sayatan yang lebih besar di sepanjang bagian tengah punggung.

Halaman
12
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved