Breaking News:

Reli

Rifat Sungkar akan Analisis Uji Coba Mitsubishi Xpander AP4 di Selandia Baru

Pereli Xpander Rally Team, Rifat Sungkar, akan menganalisis data hasil uji coba mobil Mitsubishi Xpander AP4 bersama tim Ralliart Selandia Baru.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Istimewa
Rifat Sungkar 

Setelah menguji mobil reli Mitsubishi Xpander AP4 di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, akhir pekan lalu, Xpander Rally Team (XRT) akan menganalisis data hasil uji coba tersebut bersama tim Ralliart Selandia Baru.

Ralliart adalah bengkel modifikasi yang khusus melakukan pengembangan mobil-mobil Mitsubishi yang dipakai di arena motorsport, khususnya reli.

Bengkel ini pula yang mengembangkan Mitsubishi Xpander, dari mobil keluarga tujuh kursi menjadi mobil reli kelas AP4.

Menurut pereli XRT, Rifat Sungkar, data yang mereka peroleh saat uji coba sangat penting bagi pengembangan Xpander AP4.

Mobil Mitsubishi Xpander AP4 diuji coba di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, Sabtu (11/7/2020).
Mobil Mitsubishi Xpander AP4 diuji coba di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, Sabtu (11/7/2020). (Mitsubishi)

“Saya sangat puas dengan uji coba perdana Mitsubishi Xpander AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu lalu (11/7/2020). Testing sejauh 100 km itu sangat bermanfaat, karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performa mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga chassis,” kata Rifat melalui siaran pers.

“Untuk konsumsi penggunaan air pendingin turbo, misalnya. Saat uji coba di Serang, ternyata konsumsinya 40 persen lebih banyak dibandingkan saat diuji coba di Selandia Baru. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakar yang 10 persen lebih banyak,“ tambah Rifat.

Menurut Rifat, perbedaan konsumsi air pendingin dan bahan bakar pada uji coba di Serang dan di Selandia Baru terjadi karena perbedaan suhu dan ketinggian lokasi uji coba.

“Untuk itu kami akan menganalisis dan mengevaluasi data hasil uji coba di Serang bersama tim Ralliart Selandia Baru,“ ucap Rifat.

Dari hasil uji coba di Serang, XRT juga memiliki data penggunaan dua produk ban berbeda.

Namun, data tentang ban itu tidak akan dikirim ke tim Ralliart, melainkan dianalisis di Indonesia oleh sebuah pusat pengembangan ban di tanah air.

Bagi XRT, feedback sekecil apapun akan sangat berharga bagi pengembangan mobil, apalagi Mitsubishi Xpander AP4 adalah mobil low multipurpose van (LMPV) pertama yang digunakan di arena reli.

”Xpander AP4 ini ibarat bayi yang baru berjalan, harus melakukan banyak hal untuk bisa berlari. Nah, data-data yang dikumpulkan lewat uji coba memberi masukan yang berharga dalam mengembangan performance dan durability mobil ini,“ kata Rifat.

Hingga uji coba di lintasan gravel, XRT belum menemukan masalah berarti pada Mitsubishi Xpander AP4.

Rencana berikutnya, XRT akan melakukan uji coba di lintasan aspal.

“Setelah sukses di lintasan gravel, dua pekan lagi kami akan melakukan uji coba di lintasan aspal. Mudah-mudahan hasilnya juga memuaskan,“ tutur Rifat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved