Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

KPU Kota Depok Akan Akomodasi Para Pemilih yang Terpapar Covid-19 dan Jalani Perawatan di RS

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menjaring pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Depok, Kamis (18/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -  Guna mengakomodasi seluruh warga Depok yang memiliki hak pilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akan menyiapkan skema khusus bagi pemilih yang tengah dirawat di rumah sakit akibat Covid-19.

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menjaring pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya meski tengah menjalani perawatan Covid-19.

Nantinya, tempat pemungutan suara (TPS) yang jaraknya berdekatan dengan rumah sakit rujukan Covid-19, para kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) akan diarahkan untuk mendatangi pasien agar dapat menggunakan hak pilihnya.

"Tetapi saya ingin memastikan bahwa pasien yang terpapar Covid-19 ini bukan pasien yang sedang menggunakan ventilator tetapi pasien yang masih bisa berinteraksi," katanya, Selasa (14/7/2020).

Terhadap KPPS yang ditunjuk untuk mendatangi pasien yang tengah menjalani perawatan tersebut, Nana mengatakan pihaknya tidak hanya melengkapi dengan APD berupa masker maupub face shield saja.

Melainkan juga APD khusus berupa baju hazmat, lengkap dari ujung kepala hingga ke ujung kaki menggunakan sepatu khusus.

Sedangkan bagi para pemilih yang datang ke TPS namun saat pengecekan suhu tubuh didapati tinggi, Nana mengaku sejauh ini dirinya belum dapat memastikan perihal hak suara yang dimiliki pemilih tersebut.

Ketua KPU Meminta Warga Menerima Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Demi Lancarnya Pilkada Depok 2020

Pasien Covid-19 Sempat Dikucilkan hngga Merasa Nyaman Jalani Isolasi Di RLC Tangsel

Apakah akan dipulangkan lalu kemudian dilakukan pencoblosan di rumah dengan mendatangkan KPPS, ataupun langkah lainnya.

"Ya untuk (aturan) itu kita masih menunggu PKPU (Peraturan KPU RI), nantinya akan seperti apa ya kita tunggu saja, saya juga masih belum tahu," ujarnya.

Bila sesuai rencana, Pilkada Kota Depok akan dilangsungkan pada 9 Desember 2020 yang juga dilakukan secara serentak di 270 kabupaten/kota.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved