Pilkada Depok

Ketua KPU Meminta Warga Menerima Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Demi Lancarnya Pilkada Depok 2020

Ketua KPU Depok meminta warga menerima petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang akan mendatangi tiap-tiap rumah untuk mendata.

Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Depok, Kamis (18/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok saat ini tengah memasuki tahapan berupa pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap warga Depok yang memiliki hak suara.

Coklit tersebut dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang akan mendatangi tiap-tiap rumah warga Kota Belimbing ini untuk memastikan apakah ada perubahan data atau tidak.

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, dalam menjalani tugasnya itu, PPDP mengecek kembali mengenai ada tidaknya pemilih yang pindah atau meninggal.

PDIP-Gerindra Bentuk Tim Pemenangan Pasangan Bakal Calon Pradi-Afifah untuk Pilkada Depok 2020

"Kalau memang ada yang meninggal atau pindah, maka akan dihapus dari daftar pemilih untun Pilkada Depok nanti," papar Nana kepada Warta Kota di Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Depok, Selasa (14/7/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kata Nana, para petugas akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) saat menyambangi rumah-rumah warga yang pelaksanaannya dimulai pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Diantaranya dengan menggunakan face shield, sarung tangan, dan masker. Tak hanya itu, sejak minggu lalu pun KPU telah melakukan rapid test terhadap 4.000 PPDP.

Belum Ada Keputusan dari Pusat, PDIP-Gerindra Mantap Usung Pradi-Afifah di Pilkada Depok 2020

Dari 4.000 PPDP tersebut, Nana mengatakan terdapat hampir satu persen yang dinyatakan reaktif terhadap Covid-19.

Dengan hasil tersebut, Nana mengaku pihaknya langsung mengganti PPDP dengan orang baru dan dilakukan hal yang sama yakni rapid test.

"Hal ini bertujuan untuk menjaga para petugas dan juga warga aman dan terbebas dari penyebaran Covid-19,"

"Untuk itu, kami memohon kepada warga untuk menerima para petugas kami dalam melakukan tugasnya agar pelaksanaan Pilkada Depok dapat berjalan dengan lancar di masa pandemi ini," katanya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved