Breaking News:

Info Pemprov Jateng

Jawa Tengah Jadi Provinsi Tertinggi Keikutsertaannya dalam Sensus Penduduk 2020  

Dengan banyaknya respon masyarakat, kata Gubernur Ganjar, maka itu bisa merepresentasikan data yang sebenarnya ada di lapangan.

dok. Humas Pemprov Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo menerima Kepala BPS Provinsi Jateng dalam rangka menyerahkan piagam penghargaan atas prestasi sebagai provinsi dengan capaian response rate tertinggi di Pulau Jawa dalam Sensus Penduduk 2020 online di Ruang Kerja Gubernur, Senin (13/7/2020)   

WARTAKOTALIVE.COM, SEMARANG — Antusiasme masyarakat Jawa Tengah mengikuti program sensus penduduk 2020 secara online mendapat apresiasi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Jawa Tengah sebagai provinsi tertinggi pertama dalam respon rate sensus penduduk 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPS Jateng, Sentot Bangun Widoyono kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (13/7/2020).

Kepada Ganjar, Sentot menerangkan bahwa Jawa Tengah menjadi satu-satunya provinsi yang paling tinggi keikutsertaannya dalam sensus penduduk 2020.

"Dari sensus penduduk online yang digelar pertengahan Februari hingga Mei, respon rate Jawa Tengah tertinggi di Indonesia. Jika nasional mencatat respon rate sebanyak 53 juta jiwa, Jawa Tengah menyumbang 9,6 juta penduduk dan paling tinggi dibanding daerah lain," kata Sentot.

Sungai Bengawan Solo Kembali Tercemar, Ganjar Ancam Tutup Perusahaan Pembuang Limbah  

Tak hanya nasional, target yang dicapai itu juga melampaui target yang ditetapkan di Jawa Tengah. Saat program sensus penduduk online digelar, BPS Jateng hanya menarget 25,2 persen dari keseluruhan warga Jawa Tengah.

"Ternyata capaian kita bisa mencapai 27,6 persen. Makanya, Kepala BPS RI memberikan penghargaan pada Jawa Tengah dari sisi respon rate ini," terangnya.

Banyak hal yang membuat respon masyarakat Jawa Tengah begitu tinggi terhadap program sensus penduduk online 2020. Sentot menerangkan, salah satu faktor utamanya adalah dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menyukseskan program ini.

"Kebijakan Gubernur Jawa Tengah begitu bagus, beliau langsung membuat edaran ke seluruh instansi di Provinsi Jateng agar mendukung program ini," ucapnya.

Perintah itu ternyata ditanggapi oleh dinas-dinas terkait. Pihaknya membuat kreasi dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota serta Kanwil Kementerian Agama dan melakukan sosialisasi kepada para siswa.

Atasi Jalur Evakuasi Gunung Merapi di Kemalang Klaten, Ganjar Kucurkan Bantuan Rp14 Miliar

Halaman
12
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved