Breaking News:

Pendidikan

Hari Pertama MPLS Secara Daring, Perkenalan dengan Guru-guru Hingga Mendengarkan Dongeng

Upacara pembukaan MPLS dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Kegiatan MPLS di SMAN 22 Jakarta berlangsung secara daring, Matraman, Jakarta Timur, Senin (13/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SDN Rawa Badak Selatan 01, Koja, Jakarta Utara dilakukan dengan mengenalkan para guru hingga tata tertib sekolah bagi seluruh siswa baru dilakukan secara daring.

Kelapa Sekolah SDN Rawa Badak Selatan 01 Walisa Tri Agustiningsih mengatakan program tersebut berjalan selama tiga hari, mulai dari Senin (13/7/2020) hingga Rabu (15/7/2020). “Kegiatan ini kami gelar melalui aplikasi google meet dan live streaming facebook,” kata Walisa, Senin (12/7/2020).

Menurut Walisa, pelaksanaan kegiatan MPLS dilakukan secara daring dikarenakan saat ini masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. MPLS itu dilakukan sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Ratusan Prajurit TNI AD Dikirim Lagi ke Papua Barat, Ini Alasannya

Protokoler Kesehatan Ketat, 1 Pemain Timnas U-16 Diisolasi Gara-gara Tunjukkan Gejala Flu

“Hari pertama MPLS, siswa diajak berkenalan dengan seluruh guru dan pengenalan tata cara pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ujar Walisa. Pada hari kedua MPLS, siswa akan diperlihatkan video profil sekolah dan mendengar dongeng.

Khusus hari ketiga MPLS, siswa akan diberitahu tata tertib bersekolah mulai dari absensi hingga jadwal mata pelajaran. Walisa menceritakan SDN Rawa Badak 01 menerima peserta didik baru sesuai kuota yakni 128 siswa yang terbagi jadi empat rombongan kelas dimana masing-masing rombongan ada 32 siswa.

Kegiatan MPLS secara daring juga dilakukan di  SMAN 22 Jakarta, Matraman, Jakarta Timur. Pantauan di lokasi, sejumlah tenaga kependidikan dari elemen wali kelas, guru dan kepala sekolah tetap hadir di sekolah. Kegiatan juga dihadiri oleh dua orang perwakilan peserta didik baru dan perwakilan orangtua murid.

Sedangkan petugas OSIS datang ke sekolah untuk membantu merekam upacara pembukaan MPLS secara daring menggunakan aplikasi agar bisa dilihat oleh para peserta didik baru di rumahnya masing-masing. Upacara pembukaan MPLS dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Para partisipan yang hadir wajib mengenakan masker dan menjaga jarak.

Musrembang Pertanian 2020, Kementan Siapkan 6 Program Utama

Ana Salah Tingkah Terjaring Operasi PSBB di Tangerang

Kepala SMAN 22 Jakarta, Agus Wahyu Sutopo menjelaskan kegiatan MPLS hari pertama secara virtual dilakukan sejak pukul 07.00 hingga 11.00. "Setelah kegiatan upacara, anak-anak nanti dipandu wali kelas dan bapak ibu guru secara virtual karena dampak Covid-19, jadi masih berlangsung secara online. Sehingga anak-anak tetap seperti hadir di sekolah," ungkap Agus di lokasi, Senin (13/7/2020).

Usai mengikuti kegiatan upacara, anak-anak yang telah dipandu secara online oleh pembina OSIS dan guru mengikuti kegiatan perkenalan. Selain itu, mereka juga akan diberitahukan terkait jadwa pelajaran di sekolah beserta sosialisasi program sekolah.

"Kemudian di hari kedua nanti, kami memperkenalkan sarana dan prasarana, kami gali yang telah dipersiapkan anak-anak OSIS baik lapangan, ruang kelas, laboratorium, kantin dan semuanya," ucapnya. Sementara kegiatan di hari ketiga nantinya akan memperkenalkan berbagai macam ekstrakulikuler yang terdapat di SMAN 12 Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved