Breaking News:

Berita Internasional

Pesawat Tempur Siluman China Pesaing F-35 Milik AS Sudah Diproduksi Massal

J-20 dimaksudkan untuk menjadi jet tempur generasi kelima yang setara dengan Lockheed F-22 Raptor dan F-35 Lightning strike fighters milik AS

aviationvoice.com
Pesawat tempur siluman (stealth) China, J-20 versi J-20B sudah resmi diproduksi massal 

Wartakotalive, Jakarta - Pesawat tempur siluman (stealth) China, J-20, yang dituding merupakan tiruan dari pesawat tempur siluman Amerika Serikat F-35, telah resmi memasuki produksi massal.

Peresmian produksi massal tersebut ditandai pada upacara pembukaan jet tempur siluman J-20B yang dimodifikasi pada hari Rabu lalu.

Istilah pesawat tempur siluman (stealth) mengacu pada jenis pesawat yang tak dapat terdeteksi radar.

Kemampuan stealth alias siluman itu berkat desain bodi pesawat yang spesial, material khusus yang digunakan untuk melapis badan pesawat, dan lainnya.

Menurut sumber yang dekat dengan militer China, yang dikutip scmp.com, Minggu, 12 Juli 2020, upacara rahasia itu dihadiri oleh banyak pemimpin militer senior termasuk wakil ketua Komisi Militer Pusat (CMC) Partai Komunis China Jenderal Zhang Youxia.

Zhang adalah wakil ketua CMC PKC peringkat kedua yang bertanggung jawab atas pengembangan senjata untuk Tentara Pembebasan Rakyat - istilah untuk menyebut tentara nasional China.

Pesawat tempur siluman China J-20B mirip dengan F-35 buatan AS
Pesawat tempur siluman China J-20B mirip dengan F-35 buatan AS (defenseworld.net)

“Produksi massal J-20B dimulai pada hari Rabu lalu. Ini akhirnya menjadi jet tempur siluman yang benar-benar lengkap, dengan kelincahannya yang memenuhi kriteria asli,” kata sumber itu.

"Perubahan paling signifikan pada jet tempur adalah sekarang dilengkapi dengan kontrol vektor dorong, Thrust vector control (TVC)"

TVC memungkinkan pilot mengendalikan pesawat dengan lebih baik karena dapat dorongan mesin.

Pada tahun 2018, China mengenalkan contoh pesawat tempur siluman pertama dengan kode J-10C, yang menggunakan mesin Taihang WS-10, saat digelar pameran internasional pesawat udara di Zhuhai, China.

Halaman
12
Penulis: Bambang Putranto
Editor: Bambang Putranto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved