Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Tarif Rapid Test Covid-19 Mandiri Sesuai Surat Edaran Kemenkes Rp 150.000

Dalam surat edaran Nomor 11K.02.02/1/2875/2020, berisi tentang batasan tarif tertinggi pemeriksanaan rapid test Rp 150.000

Dok Puskesmas Kecamatan Gambir
Ilustrasi rapid test 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran (SE) tentang batasan tarif pemeriksaan rapid test.

Surate edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Provinsi, Kabupaten / Kota serta kepala rumah sakit atau direktur rumah sakit.

Rapid test antibodi salah satu modalitas dalam penanganan Covid-19 di Indonesia adalah menggunakan rapid test antigen dan atau rapid tes antibodi pada kasus kontak dari pasien konfirmasi Covid-19.

Rapid Test Antigen dan Rapid Test Antibodi dapat juga digunakan untuk menapis adanya infeksi Covid-19 diantara kelompok OTG, ODP dan PDP pada wilayah yang tidak mempunyai fasilitas untuk pemeriksaan RT-PCR atau tidak mempunyai media pengambilan spesimen (Swab dan/atau VTM).

Batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan Rapid Test Antibodi adalah Rp. 150.000.

Dalam surat edaran Nomor 11K.02.02/1/2875/2020, berisi tentang batasan tarif tertinggi pemeriksanaan rapid test.

1. Batasan Tarif Tertinggi untuk pemeriksaan Rapid Test Antibodi adalah Rp. 150.000,(Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

2. Besaran tarif tertinggi sebagaimana dimaksud pada angka 1 berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan Rapid Test Antibodi atas permintaan sendiri.

3. Pemeriksaan Rapid Test Antibodi dilaksanakan oleh Tenaga Kesehatan yang memiliki kompetensi dan berasal dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

4. Agar Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau pihak yang memberikan pelayanan pemeriksaan Rapid Test Antibodi dapat mengikuti batasan tarif tertinggi yang ditetapkan.

Halaman
123
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved