Breaking News:

Virus Corona

Kemenkes Keluarkan Surat Edaran, Tarif Rapid Test Covid-19 Mandiri Paling Mahal Rp 150.000

Kemenkes Keluarkan Surat Edaran yang Menyatakan Tarif Rapid Test Covid-19 Mandiri Paling Mahal Rp 150.000 per orang

Istimewa
Para anggota dan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) Nasional menjalani rapid test gratis di Aula Margasiswa PP PMKRI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020), yang diinisiasi oleh Staf Khusus Presiden Aminudin Ma'ruf. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran (SE) yang ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Provinsi, Kabupaten / Kota serta kepala rumah sakit atau direktur rumah sakit.

Dalam surat edaran Nomor 11K.02.02/1/2875/2020, berisi tentang batasan tarif tertinggi pemeriksanaan rapid test antibodi salah satu modalitas dalam penanganan Covid-19 di Indonesia adalah menggunakan rapid test antigen dan atau rapid tes antibodi pada kasus kontak dari pasien konfirmasi Covid-19.

Rapid Test Antigen dan Rapid Test Antibodi dapat juga digunakan untuk menapis adanya infeksi Covid-19 di antara kelompok OTG, ODP dan PDP pada wilayah yang tidak mempunyai fasilitas untuk pemeriksaan RT-PCR atau tidak mempunyai media pengambilan spesimen (Swab dan/atau VTM).

Pemeriksaan Rapid Test hanya merupakan penapisan awal, hasil pemeriksaan Rapid Test harus tetap dikonflrmasi dengan menggunakan RT-PCR.

Sebaliknya, pemeriksaan RT-PCR tidak mengharuskan adanya pemeriksaan Rapid Tes lebih dahulu.

Rapid Test Antibodi banyak dilakukan di masyarakat pada saat akan melakukan aktivitas perjalanan orang dalam negeri.

Rapid Test Antibodi dapat dilakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau diluar Fasilitas Pelayanan Kesehatan selama dilakukan oleh Tenaga Kesehatan.

Harga yang bervariasi untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test menimbulkan kebingungan di masyarakat.

Untuk itu diperlukan peran serta Pemerintah dalam masalah tarif pemeriksaan Rapid Test Antibodi agar masyarakat tidak merasa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan.

Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan pemeriksaan Rapid Test Antibodi agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan bagi masyarakat agar mudah untuk mendapatkan layanan pemeriksaan Rapid Test Antibodi.

Halaman
123
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved