Breaking News:

Berita Nasional

Sandi Sedih Stimulus untuk UMKM Tersendat, Padahal Peran UMKM Sangat Penting Selama Krisis Covid-19

Sandiaga Uno Sedih Stimulus untuk UMKM Tersendat. Padahal Peran UMKM Sangat Penting Menjaga Roda Ekonomi Bangsa di Tengah Krisis Imbas Pandemi

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Sandiaga Uno menggandeng sejumlah pengusaha lokal di antaranya Ultimate U, SAGE, NIION, TanaAir, BHS, Amble, STAYCOOL untuk menggelar lelang Donasi di laman Instagram @Ultimateu_ID yang dilakukan pada hari ini, Rabu 20 Mei 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pengusaha Sandiaga Uno meminta pemerintah segera menyikapi keadaan terkini dan kondisi ekonomi.

Menurut dia, upaya yang dapat dilakukan dengan cara reorientasi baru di sektor ekonomi.

"Jika kita fokus pada narasi besar tanpa ada eksekusi kemungkinan ekonomi semakin terpuruk dan masuk fase kerusakan permanen," ungkap Sandi dalam siaran tertulis pada Senin (6/7/2020).

Dia menjelaskan UMKM memegang peranan penting dalam menjaga roda ekonomi di indonesia.

Mengenai siasat menghidupkan ekonomi masyarakat terutama di tengah covid-19 ini, Sandi menegaskan revitalisasi UMKM menjadi kunci.

"UMKM terkena hempasan badai duluan ibarat pertarungan tinju UMKM terpukul jatuh di ronde pertama dari pertarungan. Sejak awal UMKM terdampak karena permintaaan turun dan kurang," kata dia.

Dia mendengar curhatan pedagang UMKM dan pencetak lapangan kerja sebagai kontributor 97 persen lapangan kerja.

Penjualan menurun, permodalan terkendala pesanan drastis terjun, logistik tidak lancar dan kredit macet harus dihadapi perusahaan perbankan.

"Survei sampai proyeksi 47 persen umkm berhenti usaha nyatanya jauh lebih besar lagi. Tak hanya bisnis, tetapi ekonomi keluarga dan pekerja tertekan dengan naiknya biaya hidup," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, perlu reprioritizing. Di setiap krisis bertahan dan bangkit karena peran UMKM amat besar.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved