Breaking News:

Revitalisasi Situ di Kabupaten Bekasi Selain Cegah Banjir Juga untuk Sumber Air Saat Kemarau Tiba

kegiatan ini merupakan bagian dari penanganan banjir Jabodetabekpunjur yang terintegrasi hingga 2024,” katanya.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Warta Kota/Yudistira Wanne
Suasana Situ Rawa Lio, Depok, Jawa Barat 

WARTAKOTALIVE.COM, CIKARANG --- Sebagai upaya penanganan banjir, dua Situ di wilayah Kabupaten Bekasi bakal dilakukan revitalisasi.

Kepala Bidang Pegelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengatakan, dua Situ yang bakal direvitalisasi yakni Situ Cipalahar di Kecamatan Serang Baru dan Situ Burangkeng di Kecamatan Setu.

“Jadi revitalisasi Situ itu selain buat penanggulangan banjir, juga menjadi sumber air ketika nanti masa kemarau untuk pengairan persawahan,” ucap Nur Chaidir pada Minggu (5/7/2020).

Adapun di Kabupaten Bekasi ada sebanyak 13 Situ. Beberapa di antaranya masih berfungsi dengan baik sebagai penampung air namun tidak sedikit juga yang berubah fungsi sehingga membuat daya tampung airnya berkurang.

“Berubah fungsi ini pinggiran Situ suka dijadikan lahan perkebunan oleh warga. Terus juga memang sudah menjadi dangkal, maka itu kita bertahap lakukan normalisasi,” ungkap dia.

Chaidir menyebut luas area Situ juga menyusut dikarenakan tidak didukung oleh sistem pendataan yang benar termasuk sertifikat lahan di sekitar area situ.

Revitalisasi ini akan dilakukan oleh Pemerintah pusat sebagai program pencegahan banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek Punjur).

“Jadi buat meningkatkan daya tampung air, kegiatan ini merupakan bagian dari penanganan banjir Jabodetabekpunjur yang terintegrasi hingga 2024,” katanya.

Ia menjelaskan kedua Situ itu akan direvitalisasi oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Waduk Sungai Ciliwung-Cisadane dengan anggaran dari APBN.

Maka itu, beberapa waktu lalu Kementerian PUPR dan ATR/ BPN menyambangi Pemkab Bekasi komitmennya untuk menangani persoalan situ di wilayah Kabupaten Bekasi maupun wilayah Jabodetabek Punjur.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved