Breaking News:

Virus Corona

Heboh Kalung Eucalyptus Disebut Antivirus Covid-19, Prof Ari Fahrial Syam Tak Setuju, Ini Alasannya

"Ini sudah dicoba. Jadi ini bisa membunuh, kalau kontak 15 menit dia bisa membunuh 42% dari Corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80%..."

Mentan
Kalung dan inhaler dari pohon kayu putih diklaim bisa mencegah penularan virus corona dan akan dikembangkan oleh Kementerian Pertanian RI. 

"Jadi saya tidak setuju jika kalung eucalyptus disebut sebagai kalung antivirus. Cukuplah disebut Kalung kayu putih atau Kalung Eucalyptus..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Belakangan ramai diperbincangkan di media sosial (medsos) tentang kalung anticorona atau antivirus covid-19.

Apalagi kabar itu disampakan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Jumat (3/7/2020) lalu.

Menurut Prof Ari Fahrial Syam, Akademisi dan Praktisi Klinis, jangan skeptis atas hasil penelitian in vitro bahwa eucalyptus/eukaliptus (minyak kayu putih) ada efek positif untuk virus corona.

Namun, kata dia, juga tidak boleh berlebihan beranggapan hasil penelitian in vitro langsung diklaim sebagai antivirus covid-19.

Sebab, masih butuh perjalanan riset yang panjang untuk sampai bisa klaim sebagai antivirus .

"Apalagi riset in vitro atau baru di tingkat sel, belum menggunakan virus Covid-19 langsung," tutur Ari.

Menteri Pertanian Klaim Kalung Kayu Putih Ampuh Bunuh Covid-19 dalam 30 Menit

Kementerian Pertanian Akan Rilis Kalung dan Inhaler untuk Antivirus Covid-19, Yasin Limpo Sudah Coba

Dekan FKUI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD,
Dekan FKUI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD, (warta kota)

Kalung kayu putih

Lebih lanjut dipaparkan, saat ini harapan masyarakat, media, dan pemerintah begitu besar terhadap penanganan virus Covid-19, sehingga penelitian baru di tingkat sel saja langsung di klaim sebagai obat anti virus.

Bagaimana dengan produk-produk kayu putih yang ada dalam bentuk inhaler, roll on yang sebagian sdh disetujui BPOM, tetapi keberadaannya bukan sebagai antivirus?

"Jadi saya tidak setuju jika kalung eucalyptus disebut sebagai kalung antivirus. Cukuplah disebut Kalung kayu putih atau Kalung Eucalyptus," tutur Prof Ari kepada Wartakotalive.com, Minggu (5/7/2020).

Halaman
1234
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved