Musik

Mengapa Banyak Penyanyi Indonesia Go Internasional, Ini Catatan Pengamat Musik Donny Verdian

Mengapa penyanyi Indonesia berambisi bisa menembus pasar musik dunia? Berikut catatan pengamat musik dan superblogger Indonesia Donny Verdian.

Instagram/agnezmo
Agnez Mo adalah salah satu penyanyi Indonesia yang berkarir di Amerika Serikat. Beberapa lagu Agnez Mo bahkan dirilis di Negeri Paman Sam tersebut. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penyanyi Sara Fajira bermimpi, jika kelak mimpinya berkolaborasi dengan Stephanie Poetri terwujud, karir bernyanyinya bisa melejit dan go internasional.

Stephanie Poetri adalah salah satu putri diva pop Indonesia Titi DJ yang mulai mencoba karir bernyanyi lewat label musik ternama di Amerika Serikat.

Sementara Sara Fajira baru saja menjadi pembicaraan banyak orang di dunia setelah lagu Lathi viral di media sosial sejak Maret 2020.

Sara Fajira berbincang di Redaksi Warta Kota dan Tribunnews, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020).
Sara Fajira berbincang di Redaksi Warta Kota dan Tribunnews, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Lagu Lathi yang dinyanyikan Weird Genius bersama Sara Fajira itu mendadak dikenal hingga dinyanyikan ulang (cover) banyak orang dimana-mana.

Sebelum mimpi Sara Fajira itu terwujud, sudah banyak penyanyi negeri ini yang berhasil menembus industri musik dunia.

Ada Anggun, Agnez Mo hingga Joey Alexander dan Rich Brian.

Rayakan 34 Tahun Berkarya di Industri Musik, Kahitna Diumumkan Akan Tampil di Drive In Konser

Kenang Karya Glenn Fredly, The Bakuucakar Ajak Mutia Ayu Gelar Konser Virtual Untuk Sebuah Nama

Yang terbaru, ada Dita Karang, penyanyi asal Yogyakarta yang berhasil menembus industri musik di Korea Selatan setelah bergabung bersama girlband Secret Number.

Dita Karang bahkan menjadi penyanyi perempuan pertama Indonesia yang berkarir di Korea Selatan yang dikenal dunia dengan K-Pop itu.

Mengapa penyanyi Indonesia berambisi bisa menembus pasar musik dunia?

Ilustrasi musik
Ilustrasi musik (Kompas.com/Shutterstock)

Pengamat musik dan Superblogger Indonesia Donny Verdian mengatakan, jumlah penyanyi Indonesia yang mampu menembus industri musik dunia memang tidak banyak.

"Ada beberapa seniman musik Tanah Air yang memilih menempuh jalur go internasional. Kenapa tidak fokus di dalam negeri saja?" kata Donny Verdian berbincang bersama Warta Kota.

Menurut Donny Verdian, ada orang berpikir untuk berkarir di luar Indonesia supaya bisa tinggal di negara tujuan.

Mengapa Penyanyi Indonesia Memilih Karir di Industri Musik Luar Negeri, Ini Faktor Penyebabnya

Bantu Yayasan yang Menangani Orang Gangguan Mental, Iqbaal Ramadhan dan Svmmerdose Gelar Konser Amal

"Bagi mereka, hidup di negara lain yang lebih maju adalah cita-cita hidup," kata Donny Verdian yang kini menetap dan bekerja di Sydney, Australia.

"Eh, tapi mana yang lebih dulu, tinggal di luar negeri lantas berkarir di sana atau berkarir di luar negeri dulu supaya akhirnya bisa pindah ke sana?" ujar Donny Verdian.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved