Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Dua Penyebar Hoaks Soal Perbankan Indonesia Diringkus Bareskrim Polri

Bareskrim Polri berhasil mengangkap Penyebaran Berita Bohong / Hoax yang Provokatif kepada masyarakat tentang kondisi Perbankan

warta kota
Bareskrim ungkap Penyebar Hoaks Perbankan, Jumat (3/7/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, KEBAYORAN BARU- Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Brigjen Pol Awi Setiono, berbicara saat rilis pengungkapan Penyebar berita bohong/hoax yang provokativ tentang kondisi Perbankan di Indonesia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (3/7/2020).

Bareskrim Polri berhasil mengangkap Penyebaran Berita Bohong / Hoax yang Provokatif kepada masyarakat tentang kondisi Perbankan di Indonesia terkait penarikan dana besar yang di tulis melalui Media Sosial.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak menarik dana secara besar-besaran di perbankan.

Sebab, informasi yang beredar soal likuiditas perbankan yang bermasalah adalah hoaks alias tidak benar. 

Dua pelaku penyebar hoaks soal penarikan dana dari Bank Bukopin, Mayapada dan BTN adalah AY, yang diringkus di Jakarta Timur, dan IS yang diciduk di Jawa Timur.

Kedua tersangka memprovokasi nasabah untuk menarik dana di beberapa bank.

AY dan IS, lanjut Slamet, tidak memiliki rekening bank yang dimaksud dan tidak paham perihal kondisi perbankan Indonesia, serta mengunggah hoaks yang mengacu kepada krisis moneter tahun 1998.

Keduanya dijerat Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 14 ayat (1), Pasal 15 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016, dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

Penulis: Angga Bhagya Nugraha
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved