Breaking News:

Kabar Jakarta

Syafrin Liputo : Bersepeda Menjadi Tradisi Baru Warga, Menyebar di 5 Wilayah DKI Jakarta

Masyarakat tetap dapat melakukan kegiatan luar ruang seperti bersepeda di titik-titik yang telah ditentukan oleh pemerintah kota setempat saat CFD.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Ilustrasi pesepeda di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/6/2020) meskipun car free day sedang ditiadakan untuk sementara. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Masyarakat yang bersepeda di Kota Jakarta menyebar di berbagai wilayah di Ibu Kota Ini.

Pasalnya, hari bebas kendaraan bermotor atau car free day CFD) yang biasa digelar di ruas Jalan Thamrin-Sudirman, ditiadakan untuk sementara karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Masyarakat tetap dapat melakukan kegiatan luar ruang seperti bersepeda di titik-titik yang telah ditentukan oleh pemerintah kota setempat saat CFD.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, ada alternatif pelaksanaan HBKB  yakni kawasan khusus pesepeda yang tersebar di kecamatan di 5 wilayah DKI Jakarta.

VIDEO: Ada Senam Ibu-ibu di Car Free Day Jalan Amir Hamzah Menteng Jakarta Pusat

VIDEO: Car Free Day Jalan Pemuda Rawamangun, Pesepeda dan Pejalan Kaki Penuhi Ruas Jalan

Syafrin mengatakan, masyarakat  bersepeda bisa mengatur jarak aman mereka, sehingga menjadi bagian physical distancing dan mencegah kerumunan.

"Kami harapkan warga yang berolahraga di kawasan khusus pesepeda juga terus bergerak untuk optimalkan waktu yang hanya 3 jam dibuka di ruang publik ini untuk berolahraga sekaligus mereka latihan untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Syafrin, Jumat (3/7/2020).

Syafrin mengatakan, saat ini kawasan khusus pesepeda menjadi tradisi baru masyarakat untuk berolahraga.

Menurut dia, hal itu terlihat bagaimana masyarakat antusias mendatangi titik-titik yang telah disiapkan untuk bersepeda.

Wali Kota Sigit Wijatmoko Pastikan Car Free Day di Jakarta Utara Terapkan Protokol Kesehatan

Para Pengguna Sepeda Tetap Ramai Meski Kegiatan Car Free Day Jalan MH Thamrin-Sudirman Ditiadakan

"Inilah yang kita harapan menjadi tradisi baru yang dilakukan oleh warga, sehingga kita bisa menuju kepada normal baru. Jadi Jakarta bisa cepat keluar dari kerangka pengaturan PSBB," katanya.

Penjagaan kawasan khusus pesepeda ini, kata Syafrin, tidak ada penambahan petugas.

Petugas yang diterjunkan sekitar 2.000 personel yang melibatkan unsur TNI Polri dan Satpol PP, serta anggota Dishub.

Sementara itu,  Kasudin Perhubungan Jakarta Pusat Soleh, mengatakan, data masyarakat  yang melakukan olahraga saat CFD di Jakarta Pusat sekitar 4.967 orang.

"Itu terdiri di antaranya pengguna sepeda sebanyak 2.772," kata Soleh.

Menurut Soleh, pelaksanaan kawasan khusus pesepeda pada Minggu (5/7/2020) akan tetap dilaksanakan kembali seperti minggu lalu. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved