Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Demi Masuk Fakultas Kedokteran di PTN, Calon Maba Rela Bayar Mahal Dikarantina Bimbel

Untuk bisa tembus menjadi mahasiswa kedokteran, membuat para lulusan SMA dan sederajat melakukan segala upaya agar bisa lolos seleksi.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Suasana bimbingan belajar (bimbel) karantina atau educamp dari Educate di Wisma Hijau, Cimanggis Depok, Selasa (30/6/2020). Para peserta mengikuti bimbingan belajar selama sebulan untuk mempersiapkan diri mengikuti UTBK SNMPTN. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Fakultas kedokteran di perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi buruan para lulusan sekolah menengah atas (SMA) seluruh Indonesia.

Mereka ingin bisa kuliah dan menjadi mahasiswa baru (maba) di fakultas kedokteran PTN negeri. Namun, peluang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri khususnya fakultas kedokteran sangat ketat.

Untuk bisa tembus menjadi mahasiswa kedokteran, membuat para lulusan SMA dan sederajat melakukan segala upaya agar bisa lolos seleksi.

Seleksi itu berupa ujian tulis berbasis komputer (UTBK)  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Juli 2020.

Lolos seleksi UTBK bukan perkara mudah sehingga mereka harus mengikuti les private, bimbingan belajar (bimbel) reguler, hingga bimbel program karantina.

Saat mengikuti program karantina atau educamp itu, para peserta wajib menginap selama hampir satu bulan dalam mengikuti proses belajar dan persiapan ujian masuk PTN.

Program bimbel karantina dinilai paling efektif untuk bisa lolos PTN bahkan Fakultas Kedokteran.

 Catat, Ini Jadwal Pendaftaran dan Ujian SIMAK UI 2020, Tak Diterima SNMPTN Masih Ada Kesempatan

Salah satu peserta bimbel karantina di lembaga Educate bernama Amanda Chairunnisa Harahap (19) warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dia mengikuti program educamp agar bisa lolos masuk ke Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya, pada tahun 2019, dia sudah pernah mencoba mengikuti seleksi ke FK UI, tapi gagal. Amanda tak patah semangat, dia mencoba ikut seleksi lagi.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved