Breaking News:

Kabar Jakarta

Satgas Pergub 142 Pantau Pemakaian Kantong Belanja Ramah di Grand Indonesia

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan pengecekan langsung ke Grand Indonesia (GI) Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2020).

Warta Kota/Joko Supriyanto
Pengumuman gerai di Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, tidak menyediakan kantong plastik sekali pakai, Rabu (1/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG -  Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan pengecekan langsung ke Grand Indonesia (GI) Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2020).

Mereka mendatangi pusat perbelanjaan itu untuk mengawasi penerapan Peraturan Gubernur (Pergub) 142/2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan (KBRL) mulai berlaku  Rabu (1/7/2020).

Pemeriksaan dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih. Dia mendatangi gerai-gerai di Grand Indonesia.

Satgas Pergub 142/2009  di mal itu juga melakukan sosialisasi agar mematuhi untuk menyediakan kantong belanja ramah lingkungan dan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Pemkot Jakarta Barat Masih Temukan Usaha yang Gunakan Kantong Plastik

Petugas Bakal Sanksi Pedagang dan Minimarket di Kramat Jati Jika Masih Gunakan Kantong Plastik

"Hari ini kami berbagi tugas dengan rekan-rekan kami baik dari sudin 5 wilayah melakukan pengawasan di 3 objek yang memang kita atur di Pergub 142," kata Andono Warih di Grand Indonesia, Rabu (1/7/2020).

Andono mengatakan, ada 20 titik di DKI Jakarta yang diperiksa termasuk swalayan hingga pasar tradisional di Jakarta.

Menurut dia, pusat perbelanjaan telah menerapkan aturan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL) dan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

"Temuannya adalah sudah mulai terlihat pemakaian KBRL di pusat-pusat perbelanjaan sebagaimana kita saksikan sudah mulai diimplementasikan dan ditaati aturannya," katanya.

Anies Larang Pakai Kantong Plastik Karena Sampah Plastik di Bantargebang Kini Capai 39 Juta Ton

Sidak Lotte Mart Kelapa Gading, Ali Maulana Pastikan Pemakaian Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Menurut Andono, pihaknya akan melakukan pengawasan secara berkala melibatkan unsur Satpol PP, Dinas UMKM, hingga Dinas LH sendiri.

Dia menambahkan, saat ini masih permulaan dari penggunakan KBRL sehingga akan terus didorong agar menjadi  kebiasaan.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved