Kabar Jakarta

Petugas Bakal Sanksi Pedagang dan Minimarket di Kramat Jati Jika Masih Gunakan Kantong Plastik

Petugas Satpel Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Kramat Jati melakukan pemantauan terhadap larangan penggunaan kantong plastik di Pasar Kramat Jati.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Rangga Baskoro
Satpel Lingkungan Hidup Kramat Jati memantau pemakaian kantong belanja di pasar swalayan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/7/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, KRAMAT JATI - Petugas Satpel Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Kramat Jati melakukan pemantauan terhadap larangan penggunaan kantong plastik di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/7/2020).

Kasatpel LH Kecamatan Kramat Jati, Amry menjelaskan, pemantauan itu dilakukan untuk memastikan  pedagang di pasar tradisional maupun minimarket  mematuhi aturan larangan kantong plastik sekali pakai.

"Kami sudah cek para pembeli dan masyarakat di minimarket. Untuk di Kecamatan Kramat Jati, tercatat ada 67 titik retail dan swalayan," kata Amry, di Kramat Jati, Rabu (1/7/2020).

"Mereka sudah kami informasikan dan sekarang telah mempersiapkan kantong belanja ramah lingkungan," tutur nya lagi.

Amry menuturkan, plastik yang harus digunakan merupakan jenis kantong ramah lingkungan dan wajib disiapkan oleh para pedagang di pasar tradisional maupun swalayan.

Anies Larang Pakai Kantong Plastik Karena Sampah Plastik di Bantargebang Kini Capai 39 Juta Ton

Satpel LH Kramat Jati akan terus melakukan pemantauan untuk melihat peraturan dipatuhi oleh para pedagang.

"Kedepan kami akan monitor dan evaluasi terhadap konsistensi mereka," katanya.

Amry menambahkan, sanksi akan diberlakukan bagi pedagang yang kedapatan menggunakan plastik tidak ramah lingkungan.

"Implemetasi ini dijalankan berdasarkan aturan sehingga akan ada sanksi kalau ada pelanggaran. Di antaranya mungkin akan ada sanksi berupa denda atau dicabut izin operasionalnya untuk sementara," ujar Amry.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta menerapkan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan wajib diterapkan oleh pelaku usaha hingga konsumen mulai hari ini, Rabu (1/7/2020).

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com di satu minimarket di Jalan Sindang, Koja, Jakarta Utara, tidak lagi menyediakan kantong plastik untuk konsumen.

Setiap kali ada konsumen yang berbelanja, petugas terlebih dahulu memberitahu bahwa mereka sudah tidak memberikan kantong plastik untuk mengemas barang belanjaan.

Sidak Lotte Mart Kelapa Gading, Ali Maulana Pastikan Pemakaian Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Kebijakan tersebut diberlakukan mulai Rabu (1/7/2020). Pengelola sudah tidak lagi memberi kantong plastik meski barang belanjaan para konsumen dalam jumlah banyak.

“Kita sudah nggak kasih kantong plastik kepada konsumen per hari ini. Jadi bawa sendiri atau nggak beli kantong belanja ramah lingkungan,” kata karyawan swalayan, Rabu (1/7/2020).

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved