Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Simulasi Kopaska Serbu Teroris di Pulau Damar yang Ingin Kacaukan Navigasi Pesawat Terbang

Satuan yang terdiri dari Kopaska untuk pemukul utamanya itu menyerbu lokasi dan melumpuhkan kapal patroli musuh. Disusul kemudian combat diver yang me

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Anggota Kopaska Koarmada I menyerbu kelompok teroris yang berada di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Selasa (30/6) pagi. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUANSERIBU -Anggota Komando Pasukan Katak (Kopaska) Komando Armada (Koarmada) I menyerbu kelompok teroris yang berada di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Selasa (30/6) pagi.

Pasalnya di pulau yang juga dikenal sebagai Pulau Edam tersebut terdapat sekelompok teroris yang ingin mengacaukan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mereka jadikan pulau sebagai pusat radar Ground Control Interceptor (GCI) agar bisa mengirimkan gelombang elektromagnetik untuk mengacaukan alat navigasi dan komunikasi pesawat terbang.

Melihat hal itu, Panglima (Koarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono membentuk satuan gugus tugas operasi peperangan laut khusus dengan sandi Kapuas 20.

Satuan yang terdiri dari Kopaska untuk pemukul utamanya itu menyerbu lokasi dan melumpuhkan kapal patroli musuh. Disusul kemudian combat diver yang menyusup ke pantai dari bawah air.

Aksi tembak menembak diiringi suara ledakan mewarnai pertempuran antara teroris dengan anggota Kopaska. Ditambah bantuan dari combat boat dan sea rider yang dilengkapi gutting gun.

Singkat cerita, anggota Kopaska pun berhasil menghancurkan musuh dan radar GCI. Sementara itu tawanan kelompok teroris yang berada di Pulau Damar juga berhasil diselamatkan.

Aksi pertempuran itu merupakan simulasi yang dilakukan dalam rangkaian Latihan Peperangan Laut Khusus Koarmada I untuk meningkatkan kemampuan anggota Kopaska.

“Ini latihan rutin yang kita laksanakan dalam rangka untuk memelihara kemampuan tempur Komando Pasukan Katak khususnya Koarmada I,” ungkap Heri, di lokasi, Selasa (30/6).

“Saya sebagai Panglima Koarmada I berkewajiban membina, memelihara, meningkatkan seluruh profesionalisme seluruh prajurit saya,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved