UMKM

Selain 5 Skema, Kemenkop UKM Percepat Pemulihan UMKM Ritel Tradisional Melalui Gerakan Toko Bersama

'Gerakan Toko BERSAMA' merupakan kolaborasi Kemenkop dan UKM dengan UKMC FEB UI, Coca-Cola, dan QASA dalam membantu toko dan warung tradisional.

Istimewa
Mempercepat kebangkitan UMKM dari keterpurukan akibat wabah covid-19, Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan UKMC FEB UI, Coca-Cola, dan QASA membantu toko dan warung tradisional di Periode Persiapan New Normal melalui 'Gerakan Toko BERSAMA'. Pencanangan gerakan ini dilakukan di Jakarta, Senin (29/6/2020). 

Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan UKMC FEB UI, Coca-Cola, dan QASA membantu toko dan warung tradisional di Periode Persiapan New Normal, melalui 'Gerakan Toko BERSAMA'

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Akibat wabah covid-19, Indonesia saat ini tengah dihadapkan pada tantangan ekonomi yang sangat besar.

Pandemi Covid-19 ini memberikan guncangan (shock) mendalam bagi UMKM, berbeda kondisinya dengan krisis Asia 1998 maupun krisis keuangan 2008.

Tidak terkecuali para pelaku usaha mikro seperti toko dan warung kelontong juga turut merasakan dampak terhadap penurunan omzet/pendapatan yang disebabkan oleh pembatasan aktivitas masyarakat serta perubahan perilaku konsumen terkait dengan persepsi terhadap praktik kebersihan dan higienitas tempat berbelanja.

Si Kecil Alergi Susu Sapi, Ini Konten Edukasi Digital Seputar Alergi dari SGM Eksplor Advance+ Soya

Bidik Pelaku UMKM, Ini Keunggulan Laptop HP ProBook x360 435 G7 dan 445 G7, Harga Mulai Rp 9 Juta

Pemerintah sendiri telah mengumumkan lima skema untuk melindungi dan memulihkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada saat pandemi COVID-19 ini.

Kelima skema oleh pemerintah tersebut mencangkup pemberian bantuan sosial (bansos) untuk UMKM kategori miskin dan rentan terdampak COVID-19, insentif pajak, restrukturisasi dan relaksasi kredit, dan perluasan modal kerja baru.

Terakhir, pemerintah melalui kementerian/lembaga, BUMN, dan pemerintah daerah bertindak sebagai penyangga dalam Ekosistem UMKM.

Abbott Mulai Datangkan Alat Tes Antibodi Covid-19 Berbasis Lab yang Andal ke Tanah Air

Pemerintah Prioritaskan Transformasi UMKM yang Andalkan Offline menjadi Ekonomi Digital

"Gerakan Toko BERSAMA"

Selain skema-skema tersebut, dalam rangka percepatan pemulihan usaha UMKM khususnya sektor ritel tradisional, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) Republik Indonesia mengumumkan dimulainya inisiatif “Gerakan Toko BERSAMA (BERsih, SehAt, MAju), Senin (29/6/2020).

Inisiatif itu merupakan kolaborasi Kemenkop UKM dengan UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UKM Center FEB-UI), Coca-Cola (PT Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia), dan QASA

'Gerakan Toko BERSAMA (BERsih, SehAt, MAju) merupakan upaya membantu toko dan warung tradisional agar dapat bertahan di saat krisis dan terus berkembang setelahnya.

Kabar Baik, Kalbe Farma Kembangkan Jamur Cordyceps untuk Perlindungan Awal Covid-19, Simak Ini

Ini yang Harus Dipenuhi UMKM Agar Bisa Tembus Pasar Global

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved