Dekat Rumah Warga, Aris Ingin Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Sering Digelar

Selama pelayanan petugas menerapkan standar protokol kesehatan meliputi penggunaan alat pelindung diri dan penyediaan wastafel dan hand sanitizer

istimewa
Suasna layanan administrasi kependudukan di RW 01 Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara, Selasa (30/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM - Suku Dinas Kependudukan dan Cataan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara menggelar layanan administrasi kependudukan (adminduk) mobile atau layanan keliling di RW 01 Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/6/2020).

Kegiatan layanan keliling ini memang sudah dirancang jajaran Suku Dinas dukcapil Jakarta Utara. Dalam layanan ini petugas menyasar wilayah-wilayah yang masuk zona merah.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara, Edward Idris, menjelaskan, layanan di RW 01 Sunter Agung, ini merupakan bagian dari rangkaian layanan administrasi kependudukan dari sejumlah RW zona merah Covid-19 yang tersebar di lima kecamatan di Jakarta Utara.

Kantong Belanja Ramah Lingkungan Wajib Diterapkan di Jakarta Utara Mulai Besok 1 Juli 2020

VIDEO: Dapat Brevet Kehormatan, Panglima Koarmada I Tekankan Empat Poin Untuk Anggota Kopaska

“Di Sunter Agung ini adalah kegiatan layanan keliling perdana administrasi kependudukan. Banyak warga yang memanfaatkan layanan ini,” ungkap Edwar, Selasa (30/6/2020). Edward menjelskan, petugas mendata ada 87 warga yang datang di layanan keliling ini.

Selama pelayanan, petugas menerapkan standar protokol kesehatan, meliputi penggunaan alat pelindung diri (APD), penyediaan wastafel dan hand sanitizer, hingga pengaturan jaga jarak fisik. “Protokol kesehatan tetap kami laksanakan sesuai prosedur. Warga yang datang memanfaatkan pelayanan wajib memakai masker,” tegasnya.

Sementara, Ketua RW 01 Sunter Agung, Aris Munandar, mengatakan, pihaknya mengapresiasi adanya layanan keliling administrasi kependudukan dengan sistem jemput bola saat masa pandemi Covid-19.

Setelah Boleh Buka, Bar di Los Angeles Disuruh Tutup Lagi Gara-gara Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19

Waduh, Satu Orang Anggota Dishub Kecamatan Cilandak Positif Covid-19

Lewat kegiatan ini, sebagian warga dari sekitar 12.000 warga yang tersebar di 24 RT, ini bisa mengurus segala macam administrasi kependudukan mereka lebih dekat dengan tempat tinggal. “Pelayanan seperti ini harus lebih sering lagi dilakukan atau digelar. Kalau ada jemput bola begini jadi lebih dekat. Tinggal datang ke kantor RW saja,” tutup Aris.

Adapun 87 warga yang memanfaatkan layanan keliling administrasi kependudukan di Sunter Agung, antara lain 19 warga melakukan perekaman KTP Elektronik, sembilan warga mengajukan permohonan kartu identitas anak (KIA), tujuh warga mengurus akta kelahiran, dan lima warga mencetak kartu keluarga (KK). Selain itu, dalama layanan keliling ini petugas Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara mendistribusikan 47 KTP elektroni ke warga. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved