Aplikasi

Kolaborasi Jakarta Smart City dan Cartenz Group, Aplikasi Jejak Catat Pergerakan Pasien Covid-19

Aplikasi Jejak akan memberikan sebuah gambaran lokasi pergerakan pasien positif Covid-19 selama 14 hari ke belakang.

Istimewa
Salah satu staf Pemprov DKI Jakarta sedang memindai kode QR di aplikasi Jejak pada smartphonenya. Aplikasi Jejak yang dikembangkan JSC dan Cartenz Group berfungsi melacak riwayat pergerakan pasien positif Covid-19 selama 14 hari ke belakang. 

Aplikasi Jejak merupakan salah satu fitur aplikasi di platform Jaki yang dapat melakukan pemindaian pergerakan individu melalui kode QR.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Jakarta Smart City (JSC) dan Cartenz Group sebagai leading company penyediaan solusi e-government di Indonesia berkolaborasi mengembangkan aplikasi Jejak yang berfungsi untuk membantu mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Aplikasi Jejak merupakan salah satu fitur aplikasi di platform Jaki yang dapat melakukan pemindaian pergerakan individu melalui kode QR.

Teknologi ini akan memberikan sebuah gambaran lokasi pergerakan pasien positif Covid-19 selama 14 hari ke belakang.  

Tiga Ponsel Flagship Samsung Terbaru Akan Meluncur, Ini Bocoran Jenis, Tipe, dan Waktu Peluncurannya

Harga Rp 2,99 Juta, Nokia 5.3 Quad Camera dengan RAM 6 GB dan Fitur NFC, Ini Spesifikasi Lengkapnya

CEO Cartenz Group Gito Wahyudi mengatakan, cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan melakukan pemindaian kode unik QR dari setiap individu di pusat keramaian.

Pemindaian ini bertindak sebagai pencatat riwayat kunjungan yang kemudian akan digunakan para petugas pengendali Covid-19.

“Apabila ditemukan sebuah kasus baru di titik lokasi yang pernah dikunjungi, maka para petugas bisa mendapatkan data secara akurat terkait siapa saja yang pernah mengunjungi lokasi tersebut,” ungkap Gito dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/6/2020).

SBMPTN UPN Veteran Jakarta Dibuka 2 Gelombang, Ini Jadwal Tes dan Daftar Program Studi plus Kuotanya

Selain Zoom, WhatsApp, dan Live Youtube, Bimbel Nuruf Fikri Terapkan Belajar Online via Aplikasi NF

Lebih lanjut dikatakan, setiap warga Jakarta dapat mengunduh aplikasi JAKI untuk mendapatkan fitur aplikasi JEJAK secara gratis dan nantinya secara berkala akan mengkaji pelaksanaan serta tata kelola data sehingga pelacakan akan termonitor dengan baik. 

“Teknologi memegang peranan sangat penting di dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dan Cartenz ingin turut mengambil bagian dan pada saat yang bersamaan dapat memberikan sumbangsih untuk Indonesia," tuturnya.

"Harapan kami melalui aplikasi JEJAK berbagai keputusan terkait penanganan COVID-19 dapat diambil dengan cepat dan tepat,” imbuh Gito.

Langkah strategis swasta-pemerintah

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved