Berita Nasional

Anggota DPR Anis Soroti Berjalannya Tender Master Plan Ibu Kota Negara Rp 84 M di Pandemi Covid-19

Anis mempertanyakan rencana pemerintah yang tetap menjalankan dan memproses rencana pemindahan ibukota negara ditengah wabah pandemi Covid-19.

warta kota
Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati, 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati, menyoroti rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang tertera dalam rencana anggaran Bappenas 2021.

Anis mempertanyakan rencana pemerintah melalui Kementerian BAPPENAS yang tetap menjalankan dan memproses rencana pemindahan ibukota negara ditengah wabah pandemi covid 19 yang belum berakhir.

“PKS betul-betul prihatin dengan rencana in. Kami telah menyampaikan ini dengan Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bapenas dalam rapat Rabu pekan lalui,” kata Anis, Senin (29/6/2020).

Lamar Golkar, Mohammad Idris Siap Bangun Chemistry Demi Lahirnya Integritas dan Kapasitas

ASN Kota Bekasi Diimbau Kembali Fokus Melayani Warga Setelah Empat Bulan Menangani Wabah Covid

Hal lain yang dipertanyakan Anis adalah terkait informasi yang berkembang mengenai proses tender penyusunan master plan Ibu Kota Negara yang telah disiapkan dengan menggunakan dana sebesar Rp 85 milyar.

Informasi beberapa media mengungkapkan dari dokumen sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik oleh LPSE, bahwa Satuan Kerja kantor Menteri Negara PPN/BAPPENAS menyiapkan paket dengan kode 6740199 bernama Peyusunan Rencana Induk dan Strategi Pengembangan IKN Master Plan Ibukota Negara.

Paket ini disiapkan pada 24 Maret 2020 dengan metode penunjukan langsung dan APBN 2020.

Adapun kategori yang mengikuti tender ini adalah Jasa Konsultasi Badan Usaha dan karena penunjukan langsung, maka hanya ada satu peserta.

Akhir dari pendaftaran ini 24 April 2020. Juga paket penyusunan kajian lingkungan hidup strategis untuk master plan IKN.

Saat RDP Komisi VII-Pertamina, Ada Kabar 10 Orang Ditemukan Positif Covid-19

Babinsa Koramil 01 Menteng Antarkan Paket Bantuan untuk Warga yang Isolasi Mandiri

Kemudian paket pengadaan kajian keanekaragaman hayati dan pangan untuk mendukung penyusunan kajian lingkungan hidup strategis untuk master plan IKN, dan paket kajian reklamasi tambang untuk mendukung penyusunan kajian lingkungan hidup strategis untuk master plan IKN.

Anis menyatakan ditengah pandemi yang belum juga berakhir, urusan pemindahan Ibu Kota Negara seharusnya tidak menjadi prioritas.

Halaman
12
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved