Liga 1

Robert Rene Alberts Menilai Ada Masalah Dalam Pembinaan Pesepak Bola Muda di Tanah Air

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, melihat ada kekurangan yang terjadi dalam pembinaan sepak boa di Indonesia.

Persib Bandung
Robert Rene Alberts 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, melihat ada kekurangan yang terjadi dalam pembinaan sepak boa di Indonesia.

Akibatnya, banyak talenta muda berbakat yang tidak bisa direkrut.

Sebagai pelatih yang punya perhatian besar terhadap pengembangan pemain muda, Robert melihat sistem kompetisi yang kurang tertata dan berujung pada minimnya kesempatan bagi pemain muda untuk unjuk gigi, menjadi masalah utama sepak bola nasional.

Robert Rene Alberts pelatih tim Persib di Liga 1 Indonesia
Robert Rene Alberts pelatih tim Persib di Liga 1 Indonesia (Warta Kota/Umar Widodo)

"Terlalu banyak pemain yang usianya sudah di atas tim kelompok usia dan tidak punya kesempatan untuk bermain," ujar Robert kepada Tribun Jabar.

Menurut Robert, ada sistem yang terputus saat seorang pemain muda akan naik level ke jenjang yang lebih tinggi.

"Selain karena di sini juga tidak ada kelanjutan liga untuk pemain muda," ujarnya.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts dalam laga Persib Bandung vs Arema FC di lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (12/11/2019).
Pelatih Persib Robert Rene Alberts dalam laga Persib Bandung vs Arema FC di lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (12/11/2019). (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

"Seharusnya pemain muda yang punya talenta tapi belum bermain di liga kasta tertinggi mengembangkan dirinya di Liga 2 dan Liga 3, seperti bermain di tim satelit," katanya.

Adanya sistem yang memungkinkan pemain muda untuk tampil sesuai levelnya dianggap sebagai hal penting.

Dengan tampil sesuai tingkatan, pemain muda dapat mengembangkan diri secara bertahap dan terbiasa untuk berusaha tampil maksimal di setiap laga.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di lapangan sepakbola Saraga, ITB, Bandung, Rabu (26/6/2019).
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di lapangan sepakbola Saraga, ITB, Bandung, Rabu (26/6/2019). (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

"Sehingga pemain tersebut bisa tampil setiap akhir pekan dan dia bisa mulai memupuk kepercayaan diri, membangun kekuatan dan terbiasa dengan ritme bermain tiap pekan." kata pelatih asal Belanda itu.

"Dari sana pemain akan mulai membentuk mentalnya untuk bermain setiap pekan bersama tim level tertinggi yang kebutuhannya harus terus menang di tiap pertandingan," pungkasnya.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved