Breaking News:

Virus Corona

New Normal, Ini yang Dilakukan TNI-Polri untuk Genjot Sektor Pariwisata Bangkit

"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk memberikan kenyamana dan keamanan menjelang dibukanya tempat wisata," ujar Argo

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Irjen Argo Yuwono 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jajaran TNI-Polri menyatakan kesiapannya melakukan pengamanan dengan pendekatan persuasif terkait protokol kesehatan di sektor pariwisata.

Hal itu menyusul kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang memperbolehkan tempat wisata alam di zona hijau dan kuning dibuka untuk umum.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan jajaran TNI-Polri khususnya di daerah yang memiliki potensi pariwisata sudah terjun langsung melakukan aksi nyata untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk memberikan kenyamana dan keamanan menjelang dibukanya tempat wisata," ujar Argo dalam keterangannya, Sabtu (27/6/2020).

Satu Pasar di Jakarta Pusat Kembali Ditutup Setelah 4 Pedagang Positif Covid-19

Menurut dia jajaran TNI-Polri beserta Pemda setempat akan menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung standar protokol kesehatan.

Fasilitas itu diantaranya penyemprotan cairan disinfektan untuk memastikan lokasi tersebut tetap steril. Lalu, disiapkan tempat pencucian tangan dan hand sanitizer. Tempat wisata juga wajib menerapka physical distancing atau jaga jarak aman.

"Kami juga meminta kepada pengelola untuk menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan. Misalnya masker. Ini untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang tidak membawa. Warga juga akan dicek suhu dan mencuci tangan dengan sabun," tutur Argo.

Argo menegaskan apa yang dilakukan semua itu untuk memastika terjaminnya kesehatan dan keselamatan pengunjung akan bahaya virus corona. Jaminan itu sangat penting untuk mendatangkan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Cianjur Pecahkan Rekor MURI Gelar Rapid Test 2000 Peserta

Selain itu menggenjot kembali ekonomi disektor pariwisata sebab pemasukan negara yang cukup besar berasal dari sama. "Tidak hanya negara, ekonomi masyarakat juga akan bangkit," tandasnya.

Sejumlah Polda sudah bergerak untuk mengawal fase pemulihan sektor pariwisata. Puluhan bahkan ratusan personel diterjunkan untuk pendisiplinan.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved