Breaking News:

Pendidikan

Matangkan Persiapan Karir Sejak SMA dengan Kenali Potensi Diri

Sangat penting seseorang memikirkan karir sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah, terutama di tingkat SMA.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Mochammad Dipa
Avni Khairunnisa (kiri), Talents Mapping Practicioner, memberikan tips mengenai Perencanaan Karir saat diskusi virtual saat diskusi virtual bertema Tips Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses, yang digelar Warta Kota bersama platform edu-tech Leson.id secara live di akun instagram @wartakotalive.com, Sabtu (27/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Dalam perjalanan hidup manusia akan melewati fase yang namanya sekolah dan berkarir atau bekerja.

Proses panjang dalam menempuh pendidikan yang dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi, nantinya akan membantu seseorang dalam memperoleh karir sesuai impiannya.

Lalu kapan sebaiknya sejak kapan kita harus mulai memikirkan karir?

Menurut Avni Khairunnisa, sangat penting memikirkan karir sejak seseorang masih duduk di bangku sekolah, terutama di tingkat SMA. 

Avni Khairunnisa merupakan Talents Mapping Practicioner dalam mendampingi anak-anak sekolah untuk menyelami pilihan karir dan jurusan kuliah sesuai bakat.

“Sebetulnya kamu bisa memikirkan karir dari kelas 9 dengan cara mengenali potensi yang ada di dalam diri,” ujar Avni saat diskusi virtual bertema Tips Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses, yang digelar Warta Kota bersama platform edu-tech Leson.id secara live di akun instagram @wartakotalive.com, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Avni, banyak siswa yang mengadu kepadanya bahwa mereka merasa dirinya tersiksa dengan kegiatan belajar yang selama ini didapatkan di sekolah.

Padahal, lanjut Avni, sekolah itu lebih mudah daripada paska sekolah. Artinya, terkadang banyak dari kita pernah mengalami kebingungan terkait tujuan hidup selanjutnya setelah lulus sekolah maupun lulus kuliah. 

“Kenapa mulai nggak nyaman setelah lulus? Karena kita kebanyakan masih bertanya-tanya habis lulus mau ngapain? Padahal tujuan hidup itu harus kita ketahui,” kata Avni.

Kenali potensi diri

Avni menuturkan, cara mengenali potensi diri bisa dengan cara melihat aktivitas yang ketika dilakukan menimbulkan rasa senang, lalu mudah bagi diri kita dalam mengerjakan aktivitas tersebut, lalu mendapatkan hasil yang unggul dari aktivitas yang kita kerjakan, serta yang terpenting adalah aktititas yang kita kerjakan bermanfaat untuk orang lain.

“Kalau hanya sekedar senang, mudah, unggul itu namanya hobi. Hobi itu boleh dilakukan, tetapi ketika kamu dewasa, ada yang namanya tanggung jawab kehidupan. Nah, tanggung jawab itu namanya bermanfaat,” ujarnya.

Menurut Avni, kamu juga bisa membuat career mind map sejak duduk dibangku sekolah. Dengan career mind map, kamu bisa menuliskan secara detil hal-hal yang berkaitan dengan karir impianmu dan bagaimana semua itu saling berhubungan, kamu akan memperoleh pemetaan yang lebih jelas untuk meniti karir yang diinginkan. 

“Kamu bisa buat career mind map ketika usia 15 tahun. Lalu kamu bayangkan 10 tahun kedepan dan bayangkan apa yang dapat kamu lakukan pada saat usia kamu 25 tahun. Jika sudah membayangkan apa yang ingin kamu lakukan, lalu tarik kebawah, kamu bisa memikirkan jurusan apa yang cocok agar tujuan hidup kamu tercapai. Buat persiapannya dari sekarang,” jelas Avni. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved