Breaking News:

Timnas

Rahmad Darmawan Paling Tahu Tim Nasional Indonesia

Sekarang masih ada Rahmad Darmawan, lebih berpengalaman dan lebih tahu Indonesia. Untuk Merah Putih, kalau bisa RD, ya lebih bagus juga.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Manajemen PS Tira Persikabo resmi tidak memperpanjang kontrak Rahmad Darmawan sebagai pelatih kepala 

Pelatih Madura United (MU), Rahmad Darmawan, dijagokan sebagai pengganti Shin Tae-yong, andai pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu diberhentikan oleh pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dukungan untuk Rahmad itu disampaikan oleh Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Menurut Umuh, pelatih yang akrab disapa RD itu punya pengalaman mumpuni untuk menangani tim nasional, karena dia pernah membawa Indonesia U-23 meraih medali perak SEA Games 2011.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, setelah mengadakan pertemuan dengan manajemen, pelatih dan pemain di Graha Persib, Jalan Sulanjana No 17, Senin (23/12/2019).
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, setelah mengadakan pertemuan dengan manajemen, pelatih dan pemain di Graha Persib, Jalan Sulanjana No 17, Senin (23/12/2019). (Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha)

“Sekarang masih ada Rahmad Darmawan, lebih berpengalaman dan lebih tahu Indonesia. Untuk Merah Putih, kalau bisa RD, ya lebih bagus juga,“ kata Umuh kepada Kompas.com.

Pernyataan Umuh itu untuk menangkis ucapan Presiden MU, Achsanul Qasasi, yang menyebut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, layak untuk menangani tim nasional Indonesia.

Umuh enggan berkomentar banyak soal dijagokannya Alberts sebagai pengganti Shin.

Dia menyatakan hal tersebut hanyalah rumor.

“Ya, itu kan masih rumor. Kita juga kan belum tahu akan seperti apa, karena belum ada keputusan resmi dari PSSI soal pemberhentian dan pergantian pelatih tim nasional,“ tuturnya.

Bila rumor tersebut menjadi kenyataan, Umuh mengatakan, Persib tidak akan begitu saja melepas Alberts, sebab mereka masih membutuhkan jasa pelatih asal Belanda itu.

Alberts dinilai sudah sangat cocok dengan tim Persib.

Pencapaian pelatih asal Belanda itu pun terbilang memuaskan. Pada tahun pertamanya di Persib,  Alberts membawa Maung Bandung bercokol di urutan keenam di tabel klasemen akhir Liga 1 2019.

Pada Liga 1 2020, performa Persib terbilang mengagumkan. Pangeran Biru berhasil menyapu bersih tiga laga awal dengan kemenangan, sehingga mereka berada di puncak klasemen.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts dalam laga Persib Bandung vs Arema FC di lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (12/11/2019).
Pelatih Persib Robert Rene Alberts dalam laga Persib Bandung vs Arema FC di lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (12/11/2019). (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Namun, pandemi virus corona membuat langkah Persib terhenti.

“Tentu kami juga tidak gampang untuk mencoret pelatih. Sementara ini Robert kelihatan klop dan bawa keberuntungan untuk Persib. Buktinya, tiga pertandingan di liga kami menang dan kami di Liga 1 paling atas,“ tutur Umuh.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved