Breaking News:

Kesehatan

Amankah Penderita Hepatitis Virus Kronik Menikah dan Tidak Menulari Pasangannya? Ini Jawabnya

Penyakit hepatitis B dan C disebabkan virus yang menyerang hati dan bisa menular dari satu ke orang lain, salah satunya melalui hubungan seksual.

healthbeat.spectrumhealth.org
Ilustrasi Hepatitis A 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Seperti diketahui, penyakit hepatitis B dan hepatitis C disebabkan virus yang menyerang hati dan bisa menular dari satu ke orang lain, salah satunya melalui hubungan seksual.

Lalu, apakah penderita penyakit ini dan sudah kronik dapat menikah dan tidak menulari pasangannya?

"Dapat (menikah). Tidak ada larangan atau aturan pengidap hepatitis virus kronik untuk menikah," ujar dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM, Dr Irsan Hasan dalam Webinar Kalbe, Jumat (26/6/2020).

Dokter yang juga tergabung di Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) itu mengatakan, mereka yang diketahui terkena hepatitis B bisa mendapatkan vaksinasi sebelum menikah.

"Untuk hepatitis B, sederhana sebetulnya. Kalau dia ketahuan hepatitis B, calon istri atau suami divaksinasi. Kalau sudah divaksinasi aman," kata dia.

DKI Rancang Tiga Program Penanggulangan Wabah Covid-19 di Ibu Kota

Sementara bagi mereka yang menderita hepatitis C, karena tidak ada vaksin bisa mengonsumsi obat tiga bulan sebelum menikah sesuai anjuran dokter.

Cara ini menurut Irsan tak akan membuat pasangan penderita tertular penyakit yang sama.

"Masing-masing virus punya solusi. Tiga atau empat tahun lalu, hepatitis C itu tidak ada jawaban, belum ada antivirus yang betul-betul ampuh sehingga menikah harus dengan cinta dan siap sehidup semati, mau terkena virus dari pasangan," tutur Irsan.

Selain melalui hubungan seksual, virus hepatitis B juga bisa menular dari jarum yang terkontaminasi virus, transfusi darah dan anak ke anak, dan secara vertikal atau dari ibu ke bayi (peritanal).

Peringati Perang Korea Ke-70, Tiga Film Klasik Korea Ditayangkan Gratis hingga Juli 2020

Pada bayi yang terinfeksi, berisiko 90 persen berkembang menjadi kronik. Dia akan mengidap hepatitis B bertahun-tahun bahkan sampai dia meninggal.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved