Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Komplotan Pemalsu Sudah Terbitkan 5000 Lebih Sertifikat ABK Abal-abal

"Jumlah sertifikat yang dipalsukan selama 3 tahun sebanyak 5.041 sertifikat. Dimana keuntungan mereka dalam bisnis ilegal ini

warta kota
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana didampingi Dirjen Hubla Kemenhub Agus Purnomo dalam konpers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Tim gabungan Polda Metro Jaya bersama Satgas dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berhasil mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat keterampilan pelaut illegal.

Para pelaku yang diamankan berjumlah 11 orang dari tiga lokasi berbeda yakni di Jakarta Utara, Pekanbaru dan Bogor sejak akhir April 2020 sampai 9 Juni lalu.

Rinciannya 9 orang ditangkap oleh Polda Metro Jaya dan dua orang ditangkap oleh Tim Satgas gabungan Polri dan Kemenhub.

"Para pelaku melakukan illegal access (hacking) pada website resmi kementerian perhubungan republik Indonesia, bekerja sama dengan honorer dari Menhub yang mencuri blanko sertifikat. Seluruhnya ada 11 orang pelakunya dan sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana dalam konpers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/6/2020).

Menurut Nana, sindikat tersebut telah beroperasi selama 3 tahun sejak tahun 2018 hingga April 2020.

"Jumlah sertifikat yang dipalsukan selama 3 tahun sebanyak 5.041 sertifikat. Dimana keuntungan mereka dalam bisnis ilegal ini selama 3 tahun mencapai Rp 20 miliar. Motif sindikat ini adalah ekonomi, yaitu untuk mendapatkan uang," kata Nana.

Dalam menjalankan aksinya kata Irjen Nana, para pelaku menawarkan jasa pembuatan sertifikat palsu tersebut kepada para pengguna untuk kerja di kapal.

Pelaku pun menjamin para pengguna dengan keyakinan bahwa blangko yang dipasarkan sertifikat asli buatan PERURI.

"Kepada para pengguna, para pelaku mengaku nomor sertifikat keterampilan pelaut teregistrasi dan terintegrasi secara online di website Kementerian Perhubungan," katanya.

Hal itu dimungkinkan karena kawanan ini memiliki 2 hacker yang mampu masuk ke website Kemenhub secara ilegal.

Halaman
12
Penulis: Henry Lopulalan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved