Virus Corona

Turun ke Sawah hingga Budidaya Lele, Cara Polri Wujudkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid

Antara lain memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami padi, sayur-sayuran hingga beni ikan di lahan yang sebelumnya tidak digunakan.

istimewa
Anggota Polri Terjun ke sawah dukung Ketahanan Pangan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Ketahanan pangan menjadi hal yang penting bagi Indonesia di tengah dampak pandemi Covid-19. Pemerintah termasuk Polri sudah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi krisis pangan.

Antara lain memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami padi, sayur-sayuran hingga beni ikan di lahan yang sebelumnya tidak digunakan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan, program ketahanan pangan nasional ini sudah berjalan sejak Maret 2020 lalu.

Dimana 34 Polda dan 500 Polres di seluruh Indonesia telah menyiapkan strateginya masing-masing guna mendorong keterlibatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

"Ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang di gagas pemerintah, sehingga kebutuhan dasar sehari- hari masyarakat dapat terpenuhi seperti sayur, ikan dan sebagainya,” ujar Argo, Kamis (25/6/2020) dalam keterangan persnya.

Warga Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan misalnya, bersama anggota Bhabinkamtibmas memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman sayur-sayuran dan sejenisnya baik secara alami maupun hidroponik.

Selain pupuk, warga juga mendapat langsung bantuan 4.500 bibit tanaman sehingga mampu meningkatkan produksi tanaman.

Sedangkan di wilayah hukum Polres Indramayu, Jawa Barat, warga membudidayakan ikan lele di Kelurahan Kandanghaur.

Budidaya tersebut dilakukan di atas lahan 30 hektare yang terbagi ke dalam 200 petak. Masing-masing petak berukuran sekitar 25 x 15 meter. Dari satu petak tersebut bisa menghasilkan ikan sebanyak 3 ton.

Kepolisian Polresta Jayapura Kota memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam komoditi sayuran seperti seperti terong, lombok, kangkung, tomat, jagung, dan singkong.

Sherrin Tharia Sering Temui Zumi Zola di Lapas Sukamiskin Sebelum Gugat Cerai di PA Jakarta Selatan

Halaman
123
Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved