Breaking News:

Info Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Teken Kesepakatan Bersama Pembangunan Pasar Induk Cibitung

Revitalisasi Pasar Induk Cibitung ditargetkan selesai dalam jangka waktu 18 bulan dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 190 milyar.

Dok. Humas Pemkab Bekasi
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menandatangani Kesepakatan Bersama Revitalisasi dan Pengelolaan Pasar Induk Cibitung dengan PT. Citra Prasasti Konsorindo di Ruang Rapat Bupati Bekasi Deltamas-Cikarang Pusat, pada Rabu (24/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi  melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Revitalisasi dan Pengelolaan Pasar Induk Cibitung dengan PT. Citra Prasasti Konsorindo di Ruang Rapat Bupati Bekasi Deltamas-Cikarang Pusat, pada Rabu (24/6/2020).

Dalam kegiatan expose percepatan revitalisasi dan pengelolaan Pasar Induk Cibitung tersebut, dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama yang turut dihadiri oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Uju, serta unsur pimpinan Perangkat Daerah terkait.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyampaikan bahwa proses kesepakatan bersama ini telah dilakukan pembahasan pada tanggal 16 Juni 2020 oleh Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Kabupaten Bekasi. 

Menurut Bupati, revitalisasi pasar dilakukan agar menjadikan Pasar Induk Cibitung lebih baik dari sebelumnya. Sebab, selain terlihat kumuh, kondisi kontur tanah pasar tersebut juga sangat rendah, sehingga sering dilanda banjir.

"Mudah-mudahan dengan revitalisasi ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan. Kita ingin pasar induk Cibitung menjadi icon pasar grosir sayur mayur dan menjadi kebanggaan Kabupaten Bekasi. Dan dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Belasi," ujarnya

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dan Kepala Cabang PT. Citra Prasasti Konsorindo Mochammad Faisol menunjukkan dokumen Kesepakatan Bersama Revitalisasi dan Pengelolaan Pasar Induk Cibitung yang baru saja ditandatangani di Ruang Rapat Bupati Bekasi Deltamas-Cikarang Pusat, pada Rabu (24/6/2020).
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dan Kepala Cabang PT. Citra Prasasti Konsorindo Mochammad Faisol menunjukkan dokumen Kesepakatan Bersama Revitalisasi dan Pengelolaan Pasar Induk Cibitung yang baru saja ditandatangani di Ruang Rapat Bupati Bekasi Deltamas-Cikarang Pusat, pada Rabu (24/6/2020). (Dok. Humas Pemkab Bekasi)

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdul Rofiq mengatakan maksud dan tujuan dilakukan revitalisasi dalam bentuk kerja sama bangun guna serah (BGS) serta agar Pasar Induk Cibitung menjadi ikon pasar induk sayur mayur dan buah, sesuai standar SNI dan pengelolalannya lebih profesional agar supaya PAD nya lebih maksimal.

Lebih lanjut, Abdul Rofiq mengatakan adanya kesepakatan kerja sama ini karena adanya surat permohonan revitalisasi dari para pedagang dan rukun warga (RWP) Pasar Induk Cibitung pada tanggal 24 November 2015.

"Saya berharap revitalisasi Pasar Induk Cibitung menjadi sebuah pasar induk dan grosir sayur mayur dan buah-buahan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi yang bersih dan presentatif," singkatnya.

Bantu Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Bekasi Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Dishub

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang PT. Citra Prasasti Konsorindo Mochammad Faisol menambahkan dalam revitalisasi rencananya akan dibangun untuk bangunan bertingkat/ruko.

Dirinya juga mengatakan,  pembangunan revitalisasi Pasar Induk Cibitung ini ditargetkan akan selesai dalam jangka waktu 18 bulan  dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 190 milyar.

"Jadi nanti dilantai atas kita buat parkir motor disisi kiri, sementara sisi kanan nanti akan dibuat food court, mengingat pedagang makanan sangat berserakan sekali. Jadi supaya lebih tertata akan disiapkan food court dilantai 2," ucapnya. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved