Breaking News:

Beasiswa

Kiat Raih Beasiswa Kuliah Luar Negeri, Tak Hanya Pintar, Pro Aktif dan Motivasi Juga Diperlukan

Banyak sekali beasiswa sekolah di luar negeri yang tidak perlu mengeluarkan biaya pribadi yang besar bahkan gratis.

Warta Kota/Mochammad Dipa
Micha Gracianna Devi (kiri) menceritakan pengalamannya mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri saat diskusi virtual Success Story Masuk PTN Favorit dan Tips Raih Beasiswa, yang diselenggarakan Warta Kota bersama platform edu-tech Leson.id secara live di akun instagram @wartakotalive.com, Rabu (24/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Kuliah di luar negeri adalah impian hampir semua orang. Namun sayangnya masih banyak yang menganggap biaya belajar di luar negeri itu mahal dan prosesnya tidak mudah.

Padahal banyak sekali beasiswa sekolah di luar negeri yang tidak perlu mengeluarkan biaya pribadi yang besar bahkan gratis.

Sebenarnya ada banyak beasiswa luar negeri yang tersedia, terpenting kuncinya kamu harus lebih giat untuk mencari informasi. Jangan sampai gara-gara tidak dapat cukup informasi dan beralasan biaya pendidikan yang mahal malah menghambatmu bersekolah di luar negeri.

Micha Gracianna Devi yakni alumni S1 jurusan Agronomi dan Holtikulutra di Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, kemudian S2 jurusan Biotechnology di Wageningen University and Research di Belanda ini, mengatakan bahwa sebenarnya banyak sekali informasi atau peluang untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Caranya, mulai dari mencari di internet, pameran pendidikan luar negeri, bahkan peluang tersebut bisa datang atas rekomendasi dari dosen ataupun keaktifan kita berorganisasi saat kuliah.

“Peluang atau informasi itu juga bisa kita dapat dari keaktifan kita dalam berorganisasi saat kuliah, seperti ikutan beragam lomba atau conference tingkat mahasiswa,” ujar Micha saat diskusi virtual Success Story Masuk PTN Favorit dan Tips Raih Beasiswa, yang digelar Warta Kota bersama platform edu-tech Leson.id secara live di akun instagram @wartakotalive.com, Rabu (24/6/2020).

Perempuan yang saat ini melanjutkan studi S3 jurusan Biochemisry di Leibniz-Institut fur Pflanzenbiochemie, Jerman, bercerita, saat berkuliah di IPB, ia kerap aktif mengikuti kegiatan di kampus, seperti lomba dan juga conference yang pada akhirnya memiliki kesempatan mengikuti program pertukaran pelajar ke Thailand dan Spanyol.

“Pada saat saya kuliah di IPB, saya ikut lomba-lomba nulis karya ilmiah di kampus, lalu pernah ikutan juga conference mahasiswa tingkat nasional dan dari situ saya mulai dapat informasi beasiswa di luar negeri yang diawali ikutan pertukaran pelajar ke Thailand,” ujarnya.

Motivasi

Berdasarkan pengalaman Micha yang menerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk jenjang S2 di Belanda ini mengatakan, selain diperlukan nilai akademik dan kemampuan bahasa asing yang baik sebagai syarat pengajuan beasiswa kuliah di luar negeri, calon penerima beasiswa juga perlu punya alasan kuat terkait  motivasinya dalam mendapatkan beasiswa tersebut.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Ichwan Chasani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved