Breaking News:

Kepulauan Seribu

Anak-anak di Kepulauan Seribu Diajak Menghafal Alquran dalam Program Pulau Seribu Mengaji

Perpustakaan dan Kearsipan Kepulauan Seribu menggelar kegiatan secara daring bertajuk Pulau Seribu Mengaji untuk mengajak anak hafal Alquran.

Dok Kelurahan Pulau Tidung
Ilustrasi anak-anak Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, sedang melakukan sosialisasi Tidung Bike Friday, di Kepulauan Seribu. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUAN SERIBU -  Perpustakaan dan Kearsipan Kepulauan Seribu menggelar kegiatan secara daring bertajuk Pulau Seribu Mengaji untuk mengajak anak-anak hafal Alquran.

Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan Kepulauan Seribu Cecep Suryadi mengatakan, kegiatan Pulau Seribu Mengaji  untuk pertama kalinya digelar.

"Kegiatan Pulau Seribu Mengaji ini dilakukan secara online melalui aplikasi Instagram dan diadakan seminggu sekali," ujar Cecep, Kamis (25/6/2020).

Menurut Cecep, kegiatan tersebut dilandasi keinginan agar siswa sekolah yang masih harus belajar dari rumah karena pandemi virus corona atau Covid-19 mampu menghafal Alquran.

Kepengin Snorkeling di Perairan Kepulauan Seribu Wajib Bawa Peralatan Sendiri

Ingin Diving atau Snorkling di Kepulauan Seribu? Simak Nih Aturannya di Masa PSBB Transisi

"Ini sehubungan masih berlangsungnya sistem belajar dari rumah bagi siswa sekolah, dan untuk menjaga hafalan Alquran masyarakat Kepulauan Seribu," kata Cecep.

Cecep menambahkan, mereka yang tertarik untuk ikut berpartisipasi harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yakni warga Kepulauan Seribu dan usia maksimal 12 tahun.

Selain itu, peserta wajib menghafal surat dalam Alquran yang sudah ditentukan, lalu direkam dan diunggah di Instagram dengan tagar #pulauseribumengaji serta menyebutkan akun ke @perpustakaankep.seribu.

"Untuk edisi perdana Pulau Seribu Mengaji yaitu membaca Surat Al-Alaq dengan waktu upload tanggal 24-25 Juni 2020," katanya.

Dukung Literasi, Perpustakaan dan Kearsipan Kepulauan Seribu Gelar Dialog Interaktif

Homestay di Kepulauan Seribu Wajib Melaksanakan Protokol Kesehatan

Khusus untuk penilaian para pemenang, nantinya dilakukan oleh dewan juri yakni Penyuluh Agama Kementerian Agama Kepulauan Seribu pada 26 Juni 2020.

"Untuk penghafal terbaik pertama akan diberikan uang tunai Rp100.000 dan satu buah Alquran," kata Cecep.

Menurut dia, sampai 25 Juni 2020 pukul 14.15 WIB sudah ada tiga peserta yang unggah hafalan Surat Al-Alaq dan bisa dilihat di Instagram dengan mengetik tagar #pulauseribumengaji. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved