Breaking News:

Berita Jakarta

Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Anak Buah Kapal MV Veendam Bawa Minuman Keras

ABK Kapal MV Veendam kedapatan membawa minuman keras ketika tiba di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/6/2020).

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Anak buah kapal (ABK) Kapal MV Veendam kedapatan membawa minuman keras, Senin (22/6/2020). Petugas meminta ABK ini menuang minuman keras ke ember. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Seorang anak buah kapal (ABK) Kapal MV Veendam kedapatan membawa minuman keras ketika tiba di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/6/2020).

Kapal MV Veendam merupakan kapal ke-16 yang dievakuasi selama pandemi virus corona atau Covid-19.

ABK yang warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelamin pria itu ketahuan membawa minuman keras (miras) seusai melewati pemeriksaan barang bawaan.

Barang bawaan ABK itu diperiksa menggunakan sinar X milik Bea Cukai Tanjung Priok. Kemudian, pemuda itu pun diarahkan ke pinggir tenda.

Petugas Bea Cukai Tanjung Priok yang memakai alat pelindung diri (APD) meminta pria itu menuang  miras yang dibawanya ke dalam ember yang disediakan petugas.

Pabrik Minuman Keras Oplosan Bermerek Diobok-obok Polisi Bandara Soekarno Hatta, 4 Orang Diringkus

Razia di toko Kelontong, Polisi Sita 229 Botol Minuman Keras di Kota Bekasi

Selain itu, ada orang ABK lainnya yang mengalami hal serupa karena kedapatan membawa miras. Total ada 7 botol miras yang didapati petugas dari dua ABK tersebut.

Komandan Satgas Evakuasi WNI Brigjen TNI (Mar) Hermanto mengatakan, pemeriksaan barang bawaan menjadi salah satu protokol untuk antisipasi orang yang membawa barang-barang terlarang.

"Tentunya penting kita lakukan mengantisipasi apabila membawa barang-barang yang secara hukum tidak boleh dibawa," kata Hermanto, Senin (22/6/2020).

Menurut Hermanto selama ini yang paling sering ditemukan adalah botol miras yang masih disegel. Sementara barang-barang terlarang lainnya belum ditemukan.

Proses Penggerebekan Gudang Minuman Keras di Kota Tangerang Diwarnai Ketegangan

KRI Teuku Umar-385 Patroli Bersama Kapal Perang India Mengawal Perbatasan

"Selama ini kita memang menemukan minuman-minuman (beralkohol), itu juga kita dihancurkan oleh teman-teman Bea Cukai, yang lainnya sepanjang ini tidak ada," ucap Hermanto.

Seperti diberitakan sebelumnya,  ada 344 WNI  yang menjadi ABK MV Veendam  tiba di Dermaga JICT II.

Kapal MV Veendam merupakan kapal ke-16 yang dievakuasi selama pandemi virus corona atau Covid-19.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved