Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Bentuk Pengabdian TNI AD ke Rakyat, Prajurit Rela Merawat Nenek Sebatang Kara di Papua

Nenek Sumiyati yang biasa Mbah Ompong, menjalani kehidupan sehari-hari seorang diri karena tidak memiliki sanak saudara di daerah perantauan.

istimewa Youtube TNIAD
Kisah Nenek Sumiyati Sebatang Kara yang Dijaga Prajurit TNI AD 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Peran dan tugas prajurit TNI tidak melulu harus mengangkat senjata. 

Anggota Satgas Pamtas Yonif MR 411/ Pandawa Kostrad Pos Kout Sota merawat seorang nenek bernama Sumiyati yang tinggal sebatang kara di Jalur 2 B, Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Sang nenek dirawat prajurit TNI AD selama 3 bulan, mulai Februari hingga awal Mei 2020.

Komandan Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya mengungkapkan Nenek Sumiyati merantau bersama suaminya, Kakek Sudono tahun 2009, kemudian membuka usaha warung di rumahnya.

Namun ia menerima kenyataan pahit, kehilangan suami tercinta selama-lamanya pada 19 Februari 2020 karena sakit komplikasi.

Setelah itu, Nenek Sumiyati yang biasa Mbah Ompong, menjalani kehidupan sehari-hari seorang diri karena tidak memiliki sanak saudara di daerah perantauan. Kondisi kesehatannya yang sudah mulai terganggu.

Pratu Ali Ahmad Rifa’i bersama empat orang tim kesehatan secara bergantian menjaga dan merawat mbah Ompong, mulai dari memandikan, menyuapi makan, menemani tinggal di rumahnya, serta mengajari Nenek Sumiyati belajar jalan secara perlahan.

“Sedangkan untuk makannya, sehari-hari hanya mengandalkan dari uluran tangan tetangga sekitar rumah, kami juga membawakan makanan untuk kebutuhan Mbah Ompong untuk beberapa hari,” ungkap Pratu Ali Ahmad Rifa’i seperti dikutip dari akun Youtube TNI AD.

Pratu Ali Ahmad Rifa’i menambahkan kondisi Nenek Sumiyati kian membaik.

Ia berpesan kepada warga untuk tetap memperhatikan kondisi Nenek Sumiyati selepas purna tugas Pratu Ali dan tim.

VIDEO: Suasana Terkini Green Lake City Cluster Australia, Setelah Keributan Sudah Kondusif

Keadaan Nenek Sumiyati pun sudah dilaporkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Merauke dan rencanaya akan diantar kembali ke kampung halamannya di Kediri, Jawa Timur.

Kepedulian dan perhatian anggota Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Pos Kout Sota terhadap warga di wilayah binaan merupakan wujud Prajurit TNI AD yang mengabdi dan membangun bersama rakyat.

Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved