Breaking News:

Kriminalitas

Sindikat Ganjal Kartu ATM Beraksi 30 Kali, Dibekuk Polda Metro

Aksi terakhir ketiganya dilakukan di ATM Indomaret di Jalan Cirendeu, Tangerang Selatan, 24 Mei 2020 lalu.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Tim Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil membekuk 3 orang pelaku sindikat ganjal kartu ATM yang diketahui telah beraksi 30 kali sejak 2020 ini.

Ketiga pelaku yakni SS alias Yadi, AF alias Dinda, dan H alias Raju dibekuk di tiga tempat terpisah di Cikupa, Tangerang, pada 27 Mei 2020 lalu.

Aksi terakhir ketiganya dilakukan di ATM Indomaret di Jalan Cirendeu, Tangerang Selatan, 24 Mei 2020 lalu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan dari hasil penyelidikan diketahui kawanan ini sudah beraksi 30 kali selama 2020.

"Para pelaku yang berjumlah 3 orang ini mencari sasaran berupa mesin ATM yang berada di Indomaret. Ketika pelaku sudah menentukan lokasi, selanjutnya palaku mengganjal lubang ATM untuk memasukkan kartu pada mesin ATM menggunakan tusuk gigi," kata Nana di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/6/2020).

Dengan tujuan kata Nana agar ketika calon korban selesai melakukan transaksi, maka kartu ATM milik korban terganjal sehingga tidak dapat keluar dari mesin tersebut.

"Selanjutnya ketika korban kebingungan karena kartu ATM miliknya tidak keluar dari mesin, pelaku berpura-pura mambantu korban dan menyuruh korban untuk memencet PIN ATM. Namun tanpa disadari oleh korban, seorang pelaku yang perempuan mengintip tangan korban dengan tujuan untuk mengetahui PIN ATM korban," kata Nana.

Ketika korban sudah pergi dari lokasi, tambahnya pelaku yang lain mencongkel kartu ATM dengan menggunakan gergaji besi. Kemudian para pelaku langsung melakukan penarikan tunai di mesin ATM yang lain.

Karena kejadian itu korban membuat laporan ke polisi karena uang di dalam ATMnya raib hingga belasan juta rupiah.

"Dari laporan itu, petugas melakukan penyelidikan dengan memeriksa CCTV Indomaret. Sehingga berhasil diketahui dan diidentifikasi orang yang kami duga pelaku," katanya.

Keponakan Prabowo Tak Gentar Bila Harus Bersaing dengan Putri Wapres di Pilkada 2020 Kota Tangsel

Pabrik Bakso Mekarsari Depok Mengaku Limbah Tak Dibuang Sembarangan Melainkan di Sedot Mobil Tinja

Ketum PSSI Iwan Bule Putuskan Kompetisi Liga 1 Bergulir di September Atau Oktober

Nganggur Lama karena Covid-19, Pria Ini Tega Jual Istri di Twitter, Sekali Kencan Rp 300.000

Akhirnya kata Nana, tim berhasil membekuk para pelaku satu persatu dari 3 lokasi berbeda di Cikupa, Tangerang, pada 27 Mei 2020.

Dari tangan mereka disita satu mobil Toyota Calya B 2903 TOG warna silver yang dipakai setiap beraksi, 2 HP, 1 kartu ATM BRI milik korban, satu buah dompet berwarna cokelat, satu buah tas berwarna Hitam, serta satu pak tusuk gigi untuk mengganjal ATM.

Karena perbuatannya para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya adalah maksimal 7 tahun penjara.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved