Breaking News:

Transisi PSBB Jakarta

Masjid Agung Sunda Kelapa Tak Terapkan Ganjil Genap Sesuai Surat Edaran DMI, Ini Alasannya

Tidak diterapkannya aturan ganjil genap itu, lantaran Masjid Sunda Kelapa masih memiliki lahan yang cukup luas

Warta Kota/Joko supriyanto
Sejumlah warga tengah mematuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak saat mengelar salat Jumat berjamaah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Jumat (5/6) 

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Kabid Umum dan Operasional Masjid Sunda Kelapa Laode mengatakan jika pihaknya tidak menerapkan sistem ganjil genap dalam pelaksanaan salat Jumat sesuai anjuran yang disampaikan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Tidak diterapkannya aturan ganjil genap itu, lantaran Masjid Sunda Kelapa masih memiliki lahan yang cukup luas dan ruangan yang masih dapat digunakan untuk mengelar pelaksanaan salat jumat berjamaah.

"Kalo kami tidak menerapkan. Karena dalam surat edaran Dewan Masjid Indonesia itu ada beberapa poin.

"Yang pertama itu untuk masjid lahannya luas itu enggak masalah (tidak bergelombang)," kata Laode di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jumat (19/6/2020).

Menurut Laode, sejauh ini kapasitas lahan yang ada di Masjid Agung Sunda Kelapa, masih dapat menampung jamaah, meski menerapkan aturan protokol kesehatan physikal distancing dengan jarak satu meter.

Selain itu ada beberapa ruangan yang biasanya tidak digunakan untuk salat Jumat, kini bisa digunakan untuk salat Jumat.

Belum lagi di tambah lahan kosong seperti taman dan area lapangan.

"Dalam kondisi normal itu hanya aula, ruang ibadah utama, sama serambi. Kalau sekarang seluruh area masjid digunakan, dengan halamannya, lapangan bola, pelataran semua dipakai," katanya.

Adapun protokol kesehatan lain yang diterapkan oleh Masjid Sunda Kelapa adalah mewajibkan pengunjung menggunakan masker tanpa terkecuali.

Selain itu, pengelola masjid juga tidak menggelar karpet untuk shalat. Setiap jamaah diimbau membawa alas masing-masing.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved