Breaking News:

Pilkada Depok

KPU Kota Depok Lantik PPS Tanpa Upacara Seremonial Demi Cegah Penyebaran Covid-19

Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Depok kembali mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Depok, Kamis (18/6/2020). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Vini Rizki Amelia

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Setelah sempat dihentikan sementara waktu lantaran pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Depok kembali mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kedua kepanitiaan ini berfungsi untuk melaksanakan seluruh tahapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok yang sedianya akan melangsungkan hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Pihak Ketua KPU Depok Nana Shobarna mengatakan, diaktifkannya kembali badan ad hoc penyelenggara Pilkada berdasarkan arahan dari KPU Republik Indonesia atau KPU pusat melalui surat KPU RI No. 441/PL.02-SD/01/KPU/VI tanggal 12 Juni 2020.

Surat KPU RI tersebut, dikatakan Nana berisikan tentang pengaktifan kembali PPK dan PPS untuk Pemilihan Umum 2020 sebagai tindak lanjut Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019.

Yakni tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang diundangkan pada 12 Juni 2020.

Dalam PKPU itu menyebutkan bahwa tahapan Pilkada, yang ditunda sementara, kembali dilanjutkan mulai tanggal 15 Juni 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Sebagaimana kita tahu ini adalah keputusan politik yang telah diambil oleh para pemangku kepentingan di tingkat pusat, kemudian juga telah dikeluarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2010 tentang Pilkada lanjutan dimana Pilkada dilakaanakan di Desember 2020," ujar Nana kepada Warta Kota di ruang kerjanya Kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Pancoran Mas, Depok, Kamis (18/6/2020).

Dengan dilandasi instruksi tersebut, Nana mengatakan pihaknya langsung melantik PPS, sehingga sampai dengan saat ini, KPU Kota Depok resmi memiliki tim PPK dan PPS untuk menghadapi Pilkada Depok 2020.

Sebelumnya, KPU Kota Depok menonaktifkan sementara anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretariat PPK di Kota Depok, Jawa Barat. Penonaktifan PPK dan Sekretariat PPK, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan KPU Kota Depok nomor 171/PL.01.4-SD/01/3276/KPU-Kot/III/2020, dimulai tanggal 27 Maret 2020 karena merebaknya wabah Corona.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved